visitaaponce.com

Menang 2 Penghargaan, BRImo dan Sabrina BRI Mendominasi dalam Performa Mobile Banking

Menang 2 Penghargaan, BRImo dan Sabrina BRI Mendominasi dalam Performa Mobile Banking
BRImo dan Sabrina BRI dapat dua penghargaan(Dok. BRI)

Perkembangan teknologi digital yang semakin maju telah mengubah cara masyarakat menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk dalam mengatur keuangan mereka. Mengamati perubahan perilaku ini, Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah meluncurkan layanan perbankan digital BRImo pada tahun 2019 sebagai bagian dari inovasi mereka dan diganjar dua penghargaan dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024.

Setelah lima tahun berjalan, BRImo telah berhasil menarik perhatian sebanyak 33,5 juta pengguna. Berdasarkan laporan dari Data.AI, BRImo bahkan menjadi aplikasi mobile banking yang paling banyak diunduh oleh masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2023.

Selain mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat, langkah BRI dalam mengadopsi transformasi digital untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah juga mendapat pengakuan dalam survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024.

Baca juga : Mau Transaksi Lebih Aman dan Nyaman? Ini Trik Memantau Kartu Kredit BRI via BRImo

Dalam survei tersebut, BRI berhasil meraih peringkat pertama pada kategori Performa Terbaik Mobile Banking Bank untuk BRImo dan Performa Terbaik Chatbot Bank untuk Sabrina. Hasil survei ini, yang dilakukan oleh lembaga riset MRI bekerja sama dengan Majalah Infobank, menunjukkan peningkatan kinerja BRI dalam berbagai aspek produk dan layanan, khususnya dalam hal saluran digital.

Pada aspek mobile banking bank, nilai keseluruhan BRI mengalami peningkatan sebesar 2,65 poin dan naik 3 peringkat dari tahun sebelumnya. Hal ini menyebabkan BRImo dinobatkan sebagai mobile banking terbaik menurut penilaian MRI, dan meraih peringkat 1 pada tahun 2024.

Chatbot BRI, yang dikenal dengan nama "Sabrina", juga berhasil meraih peringkat 1 sebagai Performa Terbaik Chatbot Bank 2024. Sabrina mencatat peningkatan skor yang signifikan sebesar 16,28 poin dari tahun sebelumnya.

Baca juga : Dompet Hilang, Kartu Debit BRI Raib? Jangan Panik, Begini Cara Menonaktifkannya lewat BRImo

sumber: Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024

BRImo dan Chatbot Sabrina Penuhi Kebutuhan Nasabah

BRImo dan Chatbot Sabrina memenuhi berbagai kebutuhan transaksi nasabah dengan menyediakan layanan-layanan yang komprehensif. Platform super apps BRImo terus dikembangkan untuk memberikan akses mudah bagi nasabah dalam mengelola keuangan mereka, termasuk tabungan, investasi, asuransi, dan kemampuan untuk menjadi merchant BRI.

Nasabah juga semakin dimudahkan dalam berinvestasi melalui BRImo. Sekarang, mereka dapat melakukan pembelian emas, surat berharga, dana pensiun, dan bahkan membuka deposito hanya dengan menggunakan smartphone mereka.

Baca juga : Banyak-banyakan Menabung Bisa Dapet Sneakers? Cek Promo Seru dari BRI di USS Yard Sale!

Dok. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Chatbot BRI Sabrina juga telah dirancang dan dikembangkan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk berinteraksi dengan nasabah seolah-olah sedang berbicara dengan manusia. Nasabah dapat mengajukan pertanyaan dan berdiskusi dengan Sabrina mengenai berbagai produk dan layanan BRI, seperti informasi lokasi kantor dan ATM BRI, AgenBRILink, lokasi merchant BRI terdekat, promo BRI, cek saldo, melihat mutasi rekening, serta membantu mengatasi masalah dalam transaksi nasabah.

Baca juga : Bayar BPJS Tanpa Ribet, Pakai BRImo Aja!

Selain itu, Sabrina juga telah menggunakan teknologi Large Language Model (LLM) untuk meningkatkan pemahaman terhadap berbagai pertanyaan dan situasi yang dihadapi oleh nasabah, sehingga dapat memberikan respons yang lebih tepat dan relevan. Tidak hanya itu, Sabrina juga dapat berkomunikasi dalam berbagai bahasa daerah di Indonesia, seperti bahasa Jawa, Sunda, Padang, dan lain sebagainya.

Andrijanto, Direktur Retail Funding & Distribution BRI, menyatakan bahwa apresiasi yang diterima BRI akan mendorong perusahaan untuk selalu menyesuaikan diri dengan kebutuhan layanan keuangan masyarakat. Pencapaian ini juga akan menjadi motivasi tambahan bagi BRI untuk terus memberikan layanan yang melampaui harapan nasabah.

"Dinamika perkembangan teknologi dalam dunia perbankan mendorong BRI untuk terus meningkatkan kualitas layanan, baik melalui saluran tradisional maupun digital. Hal ini dilakukan untuk memastikan pengalaman nasabah yang konsisten di semua titik layanan," tambah Andrijanto. #MIA (RO/Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat