visitaaponce.com

IHSG Ditutup di Zona Merah

IHSG Ditutup di Zona Merah
Layar informasi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (29/2).(MI/ADAM DWI)

INDEKS Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (7/5) sore ditutup melemah dipimpin oleh saham-saham sektor transportasi dan logistik.

IHSG ditutup melemah 12,28 poin atau 0,17 persen ke posisi 7.123,60. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 8,27 poin atau 0,91 persen ke posisi 898,01.

Dibuka menguat, IHSG bergerak ke teritori negatif sampai penutupan sesi pertama perdagangan saham. Pada sesi kedua, IHSG betah di zona merah hingga penutupan perdagangan saham.

Baca juga : IHSG Ditutup Melemah Ikuti Pelemahan Bursa Kawasan Asia

"Bursa Asia mixed (variatif) karena adanya sentimen positif maupun negatif," sebut Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas seperti dilansir dari Antara.

Pertama, pada hari ini Bank Sentral Australia mempertahankan suku bunganya pada level 4,35 persen, seperti yang diharapkan, namun dolar Australia tergelincir dan pasar saham Australia menguat karena para pengambil kebijakan memang lebih mengharapkan adanya pemangkasan tingkat suku bunga.

Pernyataan dovish tersebut didukung oleh data pekerjaan AS yang lebih lemah dari perkiraan pada pekan lalu dan pernyataan dari Ketua The Fed Jerome Powell yang menegaskan kembali bahwa pergerakan suku bunga selanjutnya akan lebih rendah.

Baca juga : IHSG Jumat Pagi Menguat Ikuti Bursa Kawasan dan Global

Dari Eropa, para pengambil kebijakan juga sedang mempersiapkan pemotongan suku bunga yang mungkin terjadi pada Juni 2024.

Dari Asia, suku bunga di Jepang diperkirakan tidak akan bergerak terlalu jauh di atas nol pada tahun ini, sehingga meninggalkan kesenjangan yang besar dengan negara-negara lain di dunia, dimana para pelaku pasar memperkirakan Jepang menghabiskan hampir 60 miliar dolar AS untuk mempertahankan Yen pada pekan lalu.

Bursa saham regional Asia sore ini, antara lain indeks Hang Seng melemah 98,93 poin atau 0,53 persen ke 18.479,36, indeks Shanghai menguat 7,02 poin atau 0,22 persen ke 3.147,73, dan indeks Strait Times melemah 3,14 poin atau 0,10 persen ke 3.300,04.

Sementara itu, indeks Nikkei (Jepang) libur memperingati hari libur nasional negara tersebut. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat