visitaaponce.com

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024,Ajang Akselerasi Perkembangan Real Estate Nasional

PARA Tokoh terkemuka pada sektor real estate Indonesia menawarkan proyeksi optimistis seiring dengan persiapan industri properti memperingati acara penghargaan terbesar PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024. Ajang bergengsi tahunan edisi ke-10 ini akan diselenggarakan di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place pada Jum’at, 23 Agustus 2024.

Acara yang dipersembahkan oleh Kohler (perusahaan manufaktur Amerika Serikat) ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada perusahaan dan proyek pengembangan properti terbaik di Indonesia. Penghargaan ini diharapkan dapat berpotensi signifikan bagi pertumbuhan perumahan di Indonesia.

“Memperingati satu dekade keunggulan real estate di Indonesia, kami mengantisipasi masa depan yang dinamis untuk nusantara dengan inisiatif dan insentif untuk menstimulasi pasar properti,” ujar Manajer Umum PropertyGuru Asia Property Awards and Events, Jules Kay dalam acara “Indonesia CEO & Leaders Forum 2024” di The Westin Jakarta pada Rabu (8/5).

Baca juga : Raih Indonesia Property Award 2021, Triyasa Propertindo Lanjutkan Berinovasi

Jules menjelaskan bahwa pada ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-10 yang telah memasuki era transformasi dan transisi, pihaknya telah mencatat adanya peningkatan jumlah pencari properti di Indonesia mencapai 274 juta konsumen. Menurutnya, prospek properti Indonesia semakin membaik dan meningkatkan iklim ekonomi nasional seiring dengan serangkaian inovasi yang terus berkembang.

“Seiring dengan percepatan pemulihan ekonomi dan ekspansi transportasi yang belum pernah terjadi sebelumnya serta kebijakan visa yang lebih longgar, kami berharap dapat menampilkan berbagai layanan program dan menarik real estate Indonesia untuk lebih produktif, mulai dari wilayah Jakarta, Batam hingga Bali pada tahun ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jules mengatakan program penghargaan ini sangat terkemuka karena hanya memberikan penghargaan kepada para properti terbaik di kawasan Indonesia. Nantinya, pemenang utama PropertyGuru Indonesia Property Awards berhak bersaing di Asia Pasifik pada Grand Final PropertyGuru Asia Property Awards pada Desember 2024.

Baca juga : Terapkan Konsep ESG, AKR Land Raih Tiga PropertyGuru Award 2021

“Pemenang penghargaan ini juga akan menjadi pusat kunci di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan dan Ocean. Dengan 19 tahun pengalaman, penghargaan ini memiliki reputasi yang tak tertandingi. Mereka akan mendapatkan eksposur regional melalui jaringan propertyguru dengan 34 juta konsumen serta mendapatkan pengakuan emas dari properti regional dengan tanda yang dihormati,” tuturnya.

Jules menjelaskan pemenang penghargaan properti 2024 ditentukan oleh panel juri independen yang terdiri dari tokoh-tokoh senior di sektor properti dan bidang terkait. Ia memastikan bahwa prosesnya menerapkan prinsip objektif, transparan dan akuntabel.

“Para juri kami adalah juri independen yang sangat profesional dan sangat ahli di bidangnya, yaitu mereka tokoh-tokoh yang mewakili semua sektor properti dan pengawasan penghargaan yang dipercaya di setiap pasar dan diaudit secara transparan,” jelasnya.

Baca juga : PropertyGuru Indonesia Property Awards Perkenalkan Kategori Baru di Tahun ke-10

Dalam acara bertajuk “Unlocking Potential: Accelerating Growth and Development in Indonesia's Property Sector” yang dihadiri oleh para ahli properti, dibahas juga berbagai inisiatif yang diperkirakan akan berdampak pada sektor real estate, mulai dari kebijakan moneter baru hingga strategi perumahan rakyat.

“Setelah tahun pemilu yang menentukan, pemerintahan baru telah mengumumkan rencana ambisius untuk membangun tiga juta rumah di seluruh nusantara, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perumahan di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pesisir,” jelas Chief Executive Officer PropertyKlik.com Marine Novita.

Sementara itu, Strategic Research DPP REI Real Estate Indonesia, Ir. Ignesiz Kemalawarta mengatakan bahwa sebelum pemilu pada bulan Februari, pemerintahan sebelumnya telah meluncurkan serangkaian langkah yang diharapkan dapat menghidupkan kembali sektor perumahan, termasuk jeda baru untuk pembelian properti dan pelonggaran persyaratan bagi pembeli properti asing yang telah lama ditunggu-tunggu.

Baca juga : HUT ke-74, BTN Beri Penghargaan dan Hadiah kepada Mitra Pengembang

“Saat ini pembelian perumahan bagi warga negara asing juga telah menjadi perhatian bersama. Saat ini, ada tiga lokus yang sedang kami tekankan yaitu Bali, Jakarta dan Batam. Berbagai persyaratan untuk memiliki perumahan juga akan dipermudah seiring dengan regulasi dari pemerintah dan perbankan sehingga hanya dengan paspor sudah bisa dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengelolaan Agraria, Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia, Dalu Agung Darmawan mengatakan bahwa reformasi agraria juga diperkirakan akan memberikan dampak positif pada sektor properti khususnya menuju masa bonus demografi tahun 2045.

“Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berencana melaksanakan 'reforma agraria' yang bertujuan untuk mempersempit kesenjangan kepemilikan properti, mendorong kesetaraan sosial ekonomi di kalangan masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Ketua panel juri PropertyGuru Indonesia Property Awards dan direktur senior dan kepala penasihat JLL Indonesia, Vivin Harsanto menjelaskan PropertyGuru Indonesia Property Awards tahun ini melakukan diversifikasi melalui 8 kategori baru, salah satunya kategori ESG. Dikatakan bahwa edisi baru ini untuk memberikan penghargaan atas pencapaian di lebih dari 80 kategori.

“Penghargaan tahun 2024 terdapat kategori ESG baru, sebuah penghargaan untuk pengembang yang bisa memperjuangkan desain berkelanjutan, konstruksi berkelanjutan, efisiensi energi, dan dampak sosial. Daftar kategori yang baru diperluas ini juga mencakup penghargaan bagi pengembang mitra internasional terbaik di negara tersebut,”

Kategori baru lainnya, lanjut Vivi, adalah mengenai dedikasi pengembang dalam menghormati proyek-proyek mega-township terbaik di negara ini, properti investasi, pengembangan yang terintegrasi dengan alam, serviced office, dan galeri penjualan. (S-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat