visitaaponce.com

Peminat Rumah Tapak Subsidi Makin Meningkat

 Peminat Rumah Tapak Subsidi Makin Meningkat
Kawasan perumahan subsidi di Karawang Jawa Barat(Dok)

ANIMO masyarakat untuk memiliki hunian rumah subsidi semakin meningkat. Kemudahan proses kredit dengan harga yang terjangkau menjadi alasan utama masyarakat memilih rumah subsidi sebagai hunian pertama mereka. 

Salah satu rumah subsidi yang saat ini sedang berkembang yakni perumahan Villa Kencana Cikarang oleh Arrayan Group. Jumlah penghuni maupun kegiatan ekonomi di kawasan perumahan semaki ramai dari waktu ke waktu.

Berdiri di lahan kurang leih 100 hektar di Cikarang, perumahan subsidi Vila Kencana Cikarang mulai dibangun sejak tahun 2016 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tahun 2017. Adapun proses serah terima hunian kepada konsumen juga sudah dilakukan sejak 2017 lalu.

Baca juga : Mentan: Tiada Hari Libur, Tetap Produktif Serap Gabah di Karawang

Direktur Marketing PT Alexandra Citra Pertiwi (Arrayan Group) Tuti Mugiastuti menjelaskan rumah subsidi yang sudah terjual di Villa Kencana Cikarang kurang capai 7.500 unit dengan jumlah kepala keluarga (KK) capai 6.000 KK. 

“Dengan jumlah sebesar ini bisa dipastikan kawasan Villa Kencana Cikarang sudah hidup dan sangat ramai. Kalau sore kuliner menjadi destinasi warga Villa Kencana Cikarang, bahkan warga dari luar perumahan pun datang ke sini untuk mencari makanan,” ujar Tuti.  

Hal yang membuat Villa Kencana Cikarang sangat hidup, lanjut Tuti perumahan Villa Kencana Cikarang memiliki tiga pintu gerbang yang menjadi akses masuk kawasan ini yang menghubungkan jalan desa dan jalan raya. 

Baca juga : KLHK Apresiasi Pelaku Usaha Lakukan Pengelolaan Air Limbah

Sehingga warga bisa lalu lalang melewati Villa Kencana Cikarang. Bahkan, saat ini sedang ada uji coba angkot masuk ke dalam lokasi Villa Kencana Cikarang untuk melayani warga menggunakan angkutan umum.

“Ditambah lagi dengan mulainya dipasarkan kawasan komersial di boulevard Villa Kencana Cikarang, dipastikan akan makin ramai dan hidup ekonomi di sini,” kata Tuti.  

Fasilitas yang tersedia pun semakin lengkap dan terus ditambah oleh pihak pengembang, Arrayan Group. Seperti, taman bermain anak yang luas, Masjid besar yang letaknya strategis sehingga bisa terjangkau penghuni perumahan.

Baca juga : KLHK Resmikan Ekoparian Bintang Alam Teluk Jambe, Karawang

Selain itu, juga terdapat fasilitas olahraga, antara lain lapangan futsal dan lapangan voli. Dan tentunya jalan utama hingga jalan lingkungan yang sudah halus dengan erukuran lebar. Kemudian juga terdapat fasilitas pertokoan ruko yang menjual kebutuhan sehari-hari bagi warga.

Dalam kawasan Villa Kencana Cikarang juga terdapat water pond yang luasnya sekitar 5 ribu meter persegi. Fasilitas ini akan berfungsi sebagai penampungan air, sekaligus sebagai penyerapan air. Bahkan, water pond ini dilengkapi dengan pintu air yang mengatur debit air bila terjadi kenaikan air.

Terkait ada beberapa rumah yang kosong, menurut Tuti, hal tersebut terjadi karena pemilik hunian memiliki alasan lain untuk tidak meninggali rumah mereka. Namun Tuti memastikan bahwa hal tersebut tidak berkaitan dengan fasilitas lingkungan yang minim atau masalah dengan pihak pengembang. 

Baca juga : Aep Syaepuloh Beri Ratusan Parsel Bagi Pasien Covid-19 di Karawang

“Rumah yang kosong pun bisa ditemukan di perumahan-perumahan lainnya,” ungkapnya.  

Dari beberapa rumah yang kosong setelah dilakukan pengecekan oleh estate management lebih karena faktor penghuni, seperti imbas Covid yang menyebabkan banyak PHK sehingga pemilik rumah pulang kampung. Ada juga yang berpindah kerja ke Jakarta, dan rumahnya ditinggalkan kosong dan beberapa hal lainnya. Masalah internal penghuni yang membuatnya mengosongkan rumah.

 

Meskipun saat ini Arrayan sudah tidak lagi membangun rumah subsidi, namun tetap mempunyai komitmen yang jelas, yaitu menjaga lingkungan Villa Kencana Cikarang, agar tetap aman dan nyaman bagi para penghuninya. Namun, komitmen tersebut juga tidak akan berjalan dengan baik bila tidak ada dukungan dari para pengurus lingkungan, seperti RT/RW dan semua warga.

Sekadar informasi, pembangunan rumah subsidi di Villa Kencana Cikarang sudah selesai sejak sekitar 8 tahun yang lalu dan sejak saat itu Arrayan Group selaku pengembang sudah tidak lagi membangun rumah subsidi di Villa Kencana Cikarang. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat