visitaaponce.com

Menaker Ida Fauziyah Apresiasi Dunia Usaha dan Industri yang Kembangkan SDM Terampil

Menaker Ida Fauziyah Apresiasi Dunia Usaha dan Industri yang Kembangkan SDM Terampil
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengapresiasi peran aktif dunia usaha dan industri dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)(Biro Humas Kemnaker)

MENTERI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengapriasi dunia usaha dan industri yang berperan aktif dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil. 

"Tentu kami bersyukur melihat kehadiran SMK yang dibidangi langsung oleh dunia usaha/dunia industri. Ini hasil karya yang berbeda karena dikelola langsung oleh praktisinya," kata Ida Fauziyah saat mengunjungi SMK Mitra Industri 02 di Pati, Jawa Tengah, Rabu (15/5).

Pernyataan itu ditujukan untuk sejumlah SMK di bawah naungan Yayasan Mitra Industri Mandiri.

Baca juga : Indonesia dan Makau Perkuat Kerja Sama Bilateral Bidang Ketenagakerjaan

Ida Fauziyah mengapresiasi program Gerakan 1.000 Pengusaha Mengajar. Program yang diinisiasi APINDO awal 2024 ini dinilai mampu mendorong mengembangkan SDM terampil di Indonesia, khususnya di daerah-daerah.

Gerakan ini juga sesuai dengan Perpres 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

"Output pendidikan vokasi, dari awal harus menjadi tanggung jawab bersama dunia pendidikan dan pelatihan dengan dunia usaha dan dunia industri," katanya.

Selain membantu link and match penyediaan SDM terampil, Ida yakin partisipasi aktif dunia usaha dan industri akan menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Diketahui pada Februari 2024, TPT Indonesia sudah mencapai 4,82% yang menjadi TPT terendah sejak era reformasi.

"Kalau pada saat pandemi kita sangat down, rasanya galau karena tingkat pengangguran sangat tinggi. Perlahan-lahan dan alhamdulillah kita melampaui sebelum pandemi. Ini adalah hasil kerja keras semua pihak," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat