visitaaponce.com

Program Inisiatif Kesehatan Tenaga Kerja Perempuan Diperkuat

Program Inisiatif Kesehatan Tenaga Kerja Perempuan Diperkuat
Menaker Ida Fauziah tekankan pentingnya kesehatan pada tenaga kerja wanita(DOK. KEMNAKER)

MENTERI Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan pidato pada kegiatan Program Aksi Peningkatan Kesehatan Tenaga Kerja Perempuan dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Bekasi, pada Rabu (19/6). Acara ini menyoroti pentingnya pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) sebagai cara untuk mendeteksi dini kanker serviks pada tenaga kerja perempuan.

Dalam pidatonya, Ida Fauziyah menegaskan bahwa kanker serviks merupakan jenis kanker kedua terbanyak yang ditemukan di Indonesia setelah kanker payudara. Data dari The International Agency for Research on Cancer (IARC) menunjukkan bahwa pada tahun 2022 terdapat 408.661 kasus baru dan 242.988 kematian akibat kanker di Indonesia. IARC juga memprediksi peningkatan sebesar 77% kasus kanker pada tahun 2050.

"Untuk mengurangi jumlah penderita kanker serviks, pemerintah telah meluncurkan Rencana Aksi Nasional (RAN) Eliminasi Kanker Leher Rahim yang mencakup empat pilar utama: layanan vaksinasi, skrining, dan pengelolaan kasus; edukasi, pelatihan, dan penyuluhan; kemajuan teknologi dan monitoring; serta pengelolaan dan pembuatan kebijakan," ungkap Ida Fauziyah.

Baca juga : Indonesia dan Austria Sepakat Teken MoU Rekrutmen Tenaga Kerja

Ida Fauziyah juga menyatakan bahwa OASE Kabinet Indonesia Maju dan Kemnaker telah bekerja sama untuk memperkuat program deteksi dini kanker serviks. Sejak 2015 hingga 2024, program ini telah melibatkan 20.440 pekerja perempuan di 14 perusahaan, termasuk PT Sri Rezeki Isman, Tbk di Surakarta, dan PT Bina Busana Internusa di Semarang.

Dalam acara tersebut, Ida juga menekankan pentingnya melakukan pemeriksaan IVA secara teratur bagi perempuan yang telah aktif secara seksual. Skrining rutin dapat mengidentifikasi perubahan pada serviks sebelum menjadi kanker, sehingga memungkinkan penanganan dini dan meningkatkan peluang kesembuhan hingga 100%.

"Acara ini merupakan bagian dari upaya lebih luas dalam keselamatan dan kesehatan kerja (K3), di mana peran aktif pengusaha dan kerjasama dengan pemerintah sangatlah penting dalam mengurangi risiko kanker serviks pada pekerja perempuan di Indonesia," tambahnya.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk., juga menambahkan bahwa perusahaan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemnaker dan OASE Kabinet Indonesia Maju, serta berharap bahwa kerjasama ini dapat meningkatkan perlindungan bagi tenaga kerja perempuan.

"Sebagai perusahaan yang peduli terhadap kesehatan karyawan, kami memberikan dukungan penuh terhadap acara ini. Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi para perempuan, khususnya tenaga kerja perempuan di Indonesia," ujarnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat