visitaaponce.com

Indonesia dan Austria Sepakat Teken MoU Rekrutmen Tenaga Kerja

Indonesia dan Austria Sepakat Teken MoU Rekrutmen Tenaga Kerja
Indonesia dan Austria menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang rekrutmen tenaga kerja professional dan terampil. (Biro Humas Kemnaker)

INDONESIA dan Austria sepakat menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang rekrutmen tenaga kerja professional dan terampil di ruang Tridarma, Kemenaker, Jakarta, Senin (13/5).

MoU tersebut ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi dan Sekretaris Negara untuk Pariwisata Kementerian Federal Tenaga Kerja dan Ekonomi Republik Austria, Sussane Kraus-Winkler.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkapkan MoU ini sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan dan memanfaatkan bonus demografi.  

Baca juga : Menaker: Pelatihan Vokasi Banyak Dilirik Pencari Kerja

"Upaya ini dapat dilakukan antara lain dengan meningkatkan relevansi antara kualitas tenaga kerja dengan kebutuhan pasar kerja dan membuka peluang kesempatan kerja di luar negeri," kata Ida usai menyaksikan penandatangan.

Kementerian Tenaga Kerja dan Ekonomi Austria, kata Ida, akan melibatkan mitra kerjasamanya, termasuk Kamar Ekonomi Federal Austria dan Agensi Bisnis Austria-Kerja di Austria.

"Ketentuan-ketentuan yang dituangkan dalam MoU Indonesia Austria ini juga mencerminkan komitmen bersama kami untuk mendorong jalur hukum untuk mengakses pasar tenaga kerja Austria dan memastikan pelindungan hak dan kesejahteraan para profesional dan pekerja terampil Indonesia yang bekerja di Austria," ujarnya.

Selain itu, MoU ini menyoroti pembentukan Komite Bersama untuk mengawasi implementasi MoU ini, mengembangkan pedoman, dan melakukan pertemuan tahunan untuk mendorong dialog dan kolaborasi yang berkelanjutan. 

"Hal ini juga menekankan perlunya pertukaran bilateral dalam pengembangan kebijakan, inisiatif peningkatan kapasitas teknis, dan kerja sama budaya untuk memposisikan Austria sebagai tujuan menarik bagi para profesional dan pekerja terampil,"  katanya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat