visitaaponce.com

Target Optimalkan Hilirisasi, Perbaiki Tata Kelola Timah

Target Optimalkan Hilirisasi, Perbaiki Tata Kelola Timah
Indonesia Miner Conference & Exhebition 2024(Dok PT Timah)

PT TIMAH siap berkolaborasi dengan pelaku usaha pertambangan timah untuk menciptakan ekosistem timah yang positif sesuai peraturan, tidak merusak lingkungan dan memberikan kontribusi yang optimal bagi negara.

Hal itu di sampaikan Direktur Pengembangan Usaha PT TIMAH Tbk, Dicky Octa Zahria saat menjadi pembicara pada kegiatan Indonesia Miner Conference & Exhebition 2024 di The West Tin Hotel Jakarta pada Selasa (4//6/2024). 

"Saat ini PT TIMAH Tbk, concern pada bisnis inti perusahaan, yaitu produksi logam timah untuk memenuhi permintaan ekspor. Selain itu juga kami melirik optimalisasi potensi mineral ikutan timah seperti monazite, zircon dan lainnya,” kata Dicky.

Baca juga : Mampu Kelola Lingkungan Berkelanjutan, PT Timah Raih Proper Emas 2021

Ia menjelaskan bahwa Perusahaannya telah memiliki downstream dari produk timah yang dilakukan anak usaha PT TIMAH yakni PT Timah Industri yang memproduksi tin solder, tin powder dan beberapa produk lainnya. 

Dicky juga memaparkan tentang kondisi pertimahan di Indonesia termasuk tata kelola pertambangan timah yang masih belum ideal. Sehingga perlu dukungan semua pihak untuk bisa memperbaiki tata kelola timah agar bisa memberikan dampak yang optimal bagi masyarakat dan negara. 

“Timah menjadi salah satu komoditas yang dibutuhkan untuk berbagai perangkat elektronik. Meski bukan komponen utama tapi semuanya butuh timah. Sehingga negara harus hadir untuk mengatur timah baik dari sisi regulasi maupun kebijakan agar bisa memberikan dampak yang optimal bagi negara,” ujarnya.
 
Indonesia menurutnya berperan penting sebagai salah satu produsen timah global, hal ini seharusnya menguatkan peran Indoenesia sebagai penentu harga timah dunia. Namun, untuk bisa mewujudkan hal ini harus dilakukan perbaikan tata kelola timah. 

Baca juga : Lebih Ramah Lingkungan, Konsumen Bisa Pilih Cat dengan Jejak Karbon Rendah

“PT TIMAH mendukung pebaikan tata kelola timah di Indonesia dan jika perlu kami siap untuk kolaborasi membentuk pilot project untuk itu, agar timah ini bisa memberikan kontribusi yang lebih optimal, beberapa waktu ini kita melihat fakta naik – turunnya harga sangat terpengaruh oleh pasokan timah Indonesia," ungkapnya.

"Ini adalah fakta yang membuktikan bahwa indonesia sangat berpengaruh terhadap pasar global. Sehingga perlu ada tata kelola penambangan dari hulu ke hilir yang lebih baik,” imbuhnya.

Ia menbahkan PT Timah berkomitmen dan siap berkolaborasi dengan pelaku usaha pertimahan untuk melaksanakan proses bisnis sesuai regulasi yang berlaku dan menciptakan eksosistem timah yang positif.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Patijaya  mengamini perlunya perbaikan tata kelola timah di Indonesia. Sehingga hilirasasi yang digadang-gadangkan Pemerintah dapat berjalan sesuai rencana. 

“Perlu tata kelola timah yang baik, ini sudah dimulai dengan timah ditetapkan sebagai salah satu mineral strategis. Tapi yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki timah dari hulu ke hilir agar hilirisasi bisa berjalan dengan baik,” ucapnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat