visitaaponce.com

Rayakan Milad ke-3, BSI Gelar BSI International Expo 2024

Rayakan Milad ke-3, BSI Gelar BSI International Expo 2024
Wakil Presiden RI Maruf Amin (kiri) didampingi Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo (tengah) dan Direktur Utama BSI Hery Gunardi(MI / Susanto)

DALAM merayakan hari jadinya yang ke-3, Bank Syariah Indonesia (BSI) menggelar BSI International Expo 2024 yang diadakan di Jakarta Convention Center selama 4 hari berturut-turut mulai dari 20-23 Juni 2024.

Kegiatan BSI International Expo 2024 resmi dibuka oleh Wakil Presiden RI, K.H Ma'ruf Amin dan dihadiri oleh Direktur Utama BSI Hery Gunardi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wiryoatmodjo, dan Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa BSI menyelenggarakan ajang BSI International Expo 2024 untuk pertama kalinya yang mana merupakan sebuah agenda strategis mendemonstrasikan berbagai inovasi dan perkembangan industri halal nasional dan juga global.

Baca juga : Wapres akan Hadiri Resepsi Pernikahan Putra KGPAA Paku Alam X

"Kegiatan ini seyogyanya dapat dilaksanakan secara konsisten setiap tahun tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota lain sehingga mendorong UMKM dan pelaku industri halal naik kelas dan mendunia," kata Wapres saat sambutan pembukaan BSI International Expo pada Kamis (20/6).

Melalui BSI International Expo 2024, Wapres berharap kegiatan tersebut dapat memperkuat jaringan dan kolaborasi antara pelaku usaha di berbagai daerah sehingga dapat menjadi pendorong utama dalam peningkatan kualitas dan daya saing produk halal Indonesia.

"Jadikan BSI International Expo ini sebagai sarana yang efektif untuk membuka peluang investasi dan kerja sama perdagangan internasional dengan pelaku industri halal global. Perhelatan BSI International Expo hendaknya tidak sekadar menjadi ajang pameran semata, namun harus menciptakan nilai tambah nyata bagi perekonomian nasional serta membuka pasar baru bagi penduduk Indonesia," ujarnya.

Baca juga : Dorong Ekonomi Syariah Daerah, Wapres Kukuhkan KDEKS di 5 Provinsi

Di sisi lain, Wapres juga mengarahkan agar pengembangan biaya BSI berfokus untuk menumbuhkan bisnis dan kewirausahaan syariah di sektor unggulan rantai nilai halal seperti pertanian, makanan, minuman, pariwisata ramah muslim, fesyen, kosmetik, hingga ekosistem bisnis umrah dan haji.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan bahwa BSI International Expo 2024 merupakan acara berskala internasional sebagai wujud komitmen untuk terus mendorong perkembangan ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal.

"Kegiatan ini merupakan pameran di ekosistem keuangan syariah berskala internasional pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh BSI di Indonesia dalam rangka memperingati milad atau ulang tahun BSI yang ketiga," ujar Hery.

Baca juga : BSI Masuk Daftar Top 10 Global Islamic Bank

Adapun tema yang diusung dalam Expo ini adalah Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem. Dari kegiatan ini, ada setidaknya 3 besar event yang dilaksanakan yaitu pertama adalah exhibition.

"Terdapat lebih dari 265 tenant termasuk umkm dari berbagai kategori mulai dari food and beverage, modis fashion, otomotif, travel dan sebagainya," papar dia.

Yang kedua, adalah kegiatan seminar dan entertainment terdapat berbagai macam seminar tentang ekonomi dan keuangan syariah yang mendatangkan international speaker, para pemangku kepentingan, serta para pakar dari industri keuangan syariah.

Baca juga : Idul Adha Momentum Kepedulian Sosial

"Dan yang terakhir adalah bisnis menghadirkan sekitar 20 negara sebagai potensial buyer atau country pavilion yang akan mempertemukan para UMKM dengan para pembeli mancanegara sehingga UMKM indonesia dapat masuk ke pasar global," tukasnya.

Dari acara ini, BSI menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 20 ribu orang selama 4 hari dengan jumlah transaksi yang akan mencapai sekitar Rp1 triliun rupiah.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo menyatakan bahwa BSI International Expo 2024 menjadi wujud nyata totalitas BSI terhadap pengembangan ekosistem islam terutama halal industry di tanah air.

"Melalui kegiatan ini, BSI memfasilitasi UMKM untuk dapat terlibat aktif menjajaki pasar internasional dimana kami menghadirkan belasan negara sahabat antara lain Arab Saudi, Mesir, Pakistan, Inggris, Korea Selatan, Qatar, Malaysia, Jepang dan lainnya sebagai potential buyer dari produk UMKM di Indonesia," sebut Kartika.

Ia berharap, dengan agenda business matching di kegiatan BSI Inteenational Expo 2024 ini dapat membantu UMKM binaan BSI untuk go global melalui ekspansi bisnis serta benchmarking produk halal di negara-negara sahabat. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat