visitaaponce.com

Bea Cukai Batam Targetkan Penerimaan 2024 Sebesar Rp659 Miliar

Bea Cukai Batam Targetkan Penerimaan 2024 Sebesar Rp659 Miliar
Ilustrasi(Antara)

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi, Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai (BC) Tipe B Batam, Kepulauan Riau, Evi Octavia, menargetkan penerimaan di tahun ini sebesar Rp659,45 miliar.

"Untuk 2024 target ditingkatkan menjadi Rp659,45 miliar. Sampai 31 Mei 2024, realisasi sudah Rp176 miliar atau sebesar 26,69% dari target," katanya saat ditemui di KPU BC Tipe B Batam, Rabu (26/6).

Sebagaimana diketahui, pada 2023 lalu, KPU BC Tipe B Batam berhasil mendapatkan penerimaan di angka Rp522,37 miliar. Angka ini, sambung Evi, berada di atas target yang ditetapkan yakni Rp508,32 miliar.

Baca juga : Pemerintah Harapkan Peningkatan Investasi dari 2 Kawasan Berfasilitas Batam

Adapun kendala yang dihadapi KPU BC Tipe B Batam dari sisi target penerimaan tahun ini disebabkan karena harga minyak sawit yang menurun.

"Sehingga bea keluar terhadap sawit dan sampai bulan ini baru tercapai 10,52%. Bea masuk kita sudah dapat 33% dan cukai 81,5%. Total karena bea keluar yang targetnya tinggi, sehingga total dari target keseluruhan baru 26,6%," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Fasilitas Kepabeanan Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu, Padmoyo Tri Wikanto menjelaskan bahwa Kemenkeu tidak punya cara lain untuk meningkatkan penerimaan bea keluar. Pasalnya, sawit menjadi komoditas satu-satunya penerimaan bea keluar yang ada di KPU BC Tipe B Batam.

"Tidak ada strategi lain dari kita. Sawit itu bergantung pada harga pasar. Kalau harga pasar di dunia naik nanti tentu penerimaan juga naik," tandasnya.

Namun di sisi lain, Tri menyatakan bahwa sampai saat ini, penerimaan Bea Masuk dan cukai KPU BC Tipe B Batam masih berada di jalur yang baik. (Fal)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat