visitaaponce.com

Realisasi Target Angka Kemiskinan dan Kemiskinan Ekstrem Kurang Menggembirakan

Realisasi Target Angka Kemiskinan dan Kemiskinan Ekstrem Kurang Menggembirakan
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.(MEDCOM/KAUTSAR WIDYA PRABOWO)

MENTERI Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkap data angka kemiskinan dan kemiskan ekstrem terbaru. Angka keduanya dipastikan tidak dapat mencapai target nasional.

"Angka kemiskinan 2024 telah mengalami penurunan yaitu persentase penduduk Maret 2024 sebesar 9,03 persen, turun 0,33 persen terhadap Maret 2023," ujar Muhadjir dalam konferensi pers di Gedung Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Juli 2024.

Ia berharap dalam lima bulan ke depan angka kemiskinan dapat turun mencapai 8 persen. Angka tersebut masih jauh dari target 7,5 persen.

Baca juga : Pemerintah Optimis Penurunan Kemiskinan Ekstrem di 2024 Capai 0,5%

"Mestinya akhir 2024 nanti bisa dibawa 9, artinya 8 koma memang masih jauh dari target," jelasnya.

Sedangkan angka kemiskinan ekstrem pada Maret 2024, tercatat mencapai 0,83 persen. Angka ini turun 0,29 persen dari tahun sebelumnya.

"Ini capain yang agak kurang menggembirakan, karena Maret 2023 itu capain kita hampir 1 persen atau 0,90 persen," jelasnya.

Sedangkan, pemerintah telah menargetkan angka kemiskinan ekstrem pada 2024 mencapai 0 persen. Muhadjir menilai mustahil untuk mencapai angka tersebut. (Medcom/Z-6)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat