visitaaponce.com

Mahasiswa Gunakan Pinjol untuk Biaya Kuliah, Muhadjir Kampus Bisa Bantu Subsidi Bunga

Mahasiswa Gunakan Pinjol untuk Biaya Kuliah, Muhadjir: Kampus Bisa Bantu Subsidi Bunga
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.(Dok. Antara)

KAMPUS diminta bisa membantu mahasiswa yang menggunakan platform pinjaman online (pinjol) untuk pembiayaan kuliah. Peran kampus bisa membantu dari keringanan bunga.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan sudah ada 83 perguruan tinggi yang menggunakan pinjol untuk membantu pembiayaan kuliah mahasiswa.

"Kan bagus kalau itu perguruan tinggi yang tetap bertanggung jawab. Perguruan tinggi yang tetap bertanggung jawab, sukur perguruan tinggi yang memberi subsidi bunganya, itu saya kira lebih bagus," kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Rabu (3/7).

Baca juga : Pemerintah tak Merevisi Permendikbud 2/2024, Sebut Perguruan Tinggi Tax Spender

Diketahui ada 83 perguruan tinggi swasta (PTS) menggunakan pinjol untuk membantu pembiayaan mahasiswa. Sementara perguruan tinggi negeri (PTN) dalam hal ini Institut Teknologi Bandung (ITB) sudah sempat ingin mengikut jejak yang sama namun dinilai cukup rumit karena PTN berkaitan dan tidak bisa lepas dengan dana pemerintah.

"Dan itu semua PTS yang menurut saya sebagian besar cukup ternama. Jadi menurut saya itu mohon dipahami tentang saya mendukung dengan catatan yakni memang betul-betul resmi, ada izin, dan izinnya kalau tidak salah itu harus dikawal pengawasan OJK serta PPATK," ujar dia.

Selain itu, lanjut Muhadjir, skema pembayarannya termasuk bunganya kampus juga harus ikut bertanggung jawab, tidak boleh hanya memberikan peluang kemudian cuci tangan.

Baca juga : Tolak Pinjol Jadi Opsi Bayar UKT, Komisi X DPR Usul Perbaharui Struktur Anggaran Pendidikan

"Kalau bila perlu kampus meringankan beban pinjaman itu dengan subsidi bunga," ucapnya.

Ia menceritakan ketika ia menjabat sebagai rektor memiliki kebijakan untuk mahasiswa yang kesulitan pembiayaan tapi diberikan pinjaman yang disubsidi. Hal itu menurutnya juga memberikan pendidikan yang bagus kepada mahasiswa bila dibandingkan mahasiswa hanya berharap bantuan dari orang lain.

"tu cara yang bagus agar mereka juga punya fighting spirit dan tanggung jawab bahwa dia harus berusaha tidak hanya minta tolong termasuk orang tuanya," pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat