visitaaponce.com

Harrison Ford Kecam Pemimpin yang Bantah Perubahan Iklim

Harrison Ford Kecam Pemimpin yang Bantah Perubahan Iklim
Harrison Ford( World Government Summit/AFP)

AKTOR veteran Harrison Ford, Selasa (12/2), melancarkan serangan terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin dunia lainnya yang membantah perubahan iklim dengan menyebut mereka berada di sisi yang salah dari sejarah.

Ford yang terkenal lewat perannya sebagai Indiana Jones dan Han Solo di serial Star Wars tengah berada di Dubai untuk berbicara mengenai perubahan iklim di KTT Pemerintah Dunia.

"Di berbagai penjuru dunia, sejumlah pemimpin, termasuk di negara saya sendiri, dalam upaya mempertahankan status quo, membatah ilmu pengetahuan. Mereka berada di sisi yang salah dari sejarah," ujar Ford.

"Kita berhadapan dengan apa yang saya rasa sebagai krisis moral terbesar saat ini dengan mereka yang mengambil tanggung jawab terkecil akan menjadi yang mengalami konsekuensi terbesar," imbuhnya.

Trump memilih keluar dari kesepakatan iklim Paris setelah dilantik sebagai presiden AS pada 2017 dengan alasan hal itu menjadi beban bagi perekonomian 'Negeri Paman Sam' itu.

Baca juga: Lady Gaga Ajak Seniman Peduli Kesehatan Mental

Dalam kesepakatan Paris, negara-negara di dunia sepakat membatasi kenaikan suhu pada abad ini setidaknya di bawah 2 derajat Celcius.

Kegagalan memenuhi target itu, menurut para ilmuwan, bisa menyebabkan kenaikan permukaan air laut yang tidak bisa dibalikkan, kekeringan panjang, dan peningkatan suhu udara.

Pada awal bulan ini, PBB mengatakan empat tahun terakhir sebagai yang terpanas sejak suhu dunia dicatat.

Karenanya, Ford meminta seluruh warga dunia untuk bekerja sama untuk memerangi perubahan iklim.

"Jika kita ingin bertahan di planet ini, satu-satunya rumah bagi kita semua, kita membutuhkan alam lebih dari sebelumnya. Alam tidak butuh manusia, manusia butuh alam," pungkasnya. (AFP/OL-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat