visitaaponce.com

Ed Asner, Pengisi Suara Kakek dalam Film Animasi Up, Tutup Usia

AKTOR Amerika Serikat (AS) Ed Asner, yang merupakan peraih tujuh penghargaan Emmy, meninggal dunia di usia 91 tahun. Hal itu diungkapkan kekluarga Asner, Minggu (29/8).

"Kami dengan penuh duka mengungkapkan kepala keluarga kami telah meninggal dunia pada pagi ini. Kata-kata tidak bisa menggambarkan duka yang kami rasakan," ungkap keluarga Asner di akun Twitter aktor tersebut.

"Dengan kecupan di kepala, kami mengucapkan, 'Selamat malam, ayah. Kami cinta kamu," lanjut keluarga.

Agen Asner mengatakan sang aktor meninggal dunia karena penyebab alami.

Baca juga: Candyman Puncaki Box Office

Asner mulai terkenal setelah berperan sebagai pemimpin newsroom Lou Grant di serial komedi The Mary Tyler Moore Show, yang tayang antara 1970 dan 1977 sebelum membintangi serial turunan dengan karakternya sebagai bintang utama.

Dia memenangkan tiga dari tujuh penghargaan Emmy dengan memerankan karakter itu. Asner juga merupakan satu dari dua aktor yang memenanhgkan Emmy untuk kategori drama dan komedi dalam peran yang sama namun serial yang berbeda.

Asner kembali mencuri perhatian saat tampil sebagai kakek galak namun baik hati Carl Fredericksen di film animasi kekuaran 2009, Up, yang dinominasikan untuk Piala Oscar kategori Film Terbaik.

Dalam film Up, Asner mengisi suara karakter utama yang mengikat ribuan balon ke rumahnya dalam upaya terbang ke Amerika Selatan demi memenuhi impian mendiang istrinya yang gemar berpetualang.

Asner lahir pada 15 November 1929 di Kansas City, Missouri. Anak bungsu dari lima bersaudara, dia bekerja sebagai editor surat kabar SMU dan bermain American Football.

Dia sempat bekerja di sebuah pabrik mobil dan dalam wawancara pada 1973 mengaku bermimpin pergi ke Amerika Selatan. Dia kemudian bergabung dengan angkatan darat sebelum mulai berakting.

Dia tampil di sejumlah panggung teater, acara televisi, film, sebelum membintangi The Mary Tyler Moore Show.

Mei lalu, sahabat Asner, yang juga membintangi serial Mary Tyler Moore, Gavin MacLeod meninbggal dunia. Asner mengungkapkan dukanya lewat Twitter.

"Hati saya remuk. Gavin adalah saudara saya, rekan kerja saya, teman makan, dan kolaborator," ungkap Asner.

"Saya segera menyusulmu, Gavin. Beri tahu teman-teman kita, saya akan segera menemui mereka," lanjutnya. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat