visitaaponce.com

Mesir kepada Netflix Cleopatra tidak Berkulit Hitam

Mesir kepada Netflix: Cleopatra tidak Berkulit Hitam!
Poster film dokumenter Queen Cleopatra(Instagram @queencleopatranetflix)

KEMENTERIAN Warisan Budaya Mesir, Kamis (27/4), menegaskan bahwa Cleopatra berkulit putih dan memiliki karakteristik Helenistis. Hal itu diungkapkan film drama-dokumenter Netlix yang menampilkan tokoh sejarah itu berkulit hitam.

Film Queen Cleopatra disutradarai oleh Jada Pinkett Smith dan dibintangi Adele James. Film itu dijadwalkan tayang di Netflix pada 10 Mei mendatang.

"Sebagai Firaun terakhir Mesir, Cleopatra berjuang untuk melindungi singasana, keluarga, dan warisannya dalam dokudrama yang menampilkan reka ulang adegan dan wawancara dengan pakar," ungkap Netflix mempromosikan film itu.

Baca juga: Netflix akan Investasi Besar-besaran pada Konten Korea Selatan

Namun, bahkan sebelum dirilis, Queen Cleopatra telah memancing kontroversi di Mesir.

 

Sebuah petisi daring yang menuding tim produksi film itu berusaha menulis ulang sejarah berhasil mengumpulkan 40 ribu tanda tangan.

Bahkan, anggota DPR Mesir Saboura al-Sayyed menyerukan agar pemerintah memblokir layanan streaming tersebut.

Baca juga: Rekomendasi 10 Film Netflix Terbaik dengan Rating Tinggi di Rotten Tomatoes dan IMDb 

Pada Kamis (27/4), Kementerian Warisan Budaya Mesir memanaskan kontroversi dengan menerbitkan pernyataan panjang, termasuk pernyataan dari pakar yang sepakat bahwa Cleopatra berkulit putih dan memiliki karakteristik Helenistis.

"Relief Bas dan pating Ratu Cleopatra adalah bukti terbaik," ungkap pernyataan itu, sembari menampilkan teks dengan ilustrasi yang memperlihatkan Cleopatra memiliki karakteristik Eropa.

Bagi Kepala Komisi Warisan Budaya Mesir Mostafa Waziri, menampilan Cleopatra berkulit hitam merupakan pemalsuan sejarah Mesir.

Dia menegaskan dirinya tidak berpandangan rasis namun hanya ingin melindungi sejarah Cleopatra, yang merupakan bagian penting dalam sejarah Mesir.

Meski legenda menyebut ratu yang lahir pada 69 SM itu sebagai sosok yang cantik, penampilan dan warna kulitnya tidak pernah diungkapkan secara jelas. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat