visitaaponce.com

Bermodal Belajar via YouTube, DJ asal Makassar Ini Jago Ngemix dan Manggung Sana Sini

Bermodal Belajar via YouTube, DJ asal Makassar Ini Jago ‘Ngemix’ dan Manggung Sana Sini
Fian Rynaldy saat manggung di sebuah skena musik(Dok. Pribadi)

MEMAINKAN peranti Disc Jockey (DJ) bukanlah sesuatu yang mudah. Tidak heran jika banyak orang yang berkeinginan menjadi DJ, memutuskan untuk mengambil sekolah demi mempelajari alat musik elektronik.

Namun, hal itu tidak berlaku pada Fian Rynaldy. DJ asal Makassar, Sulawesi Selatan itu memiliki passion yang sangat tinggi di dunia musik, terutama musik elektronik. Meski demikian, ia memilih jalan sendiri untuk mencapai kesuksesan impiannya.

Tidak seperti orang kebanyakan, dirinya memilih untuk mendalami musik elektronik secara otodidak. Bermodalkan belajar dari tayangan di YouTube, Fian membuktikan bisa menjadi DJ profesional. Dirinya tidak kalah piawai dari DJ sekolahan. 

Baca juga : Ketekunan Bawa Wanita Asal Lampung Ini Jadi DJ yang Berprestasi 

Dirinya pun bisa menggunakan perangkat DJ apapun, mulai dari Controller sampai pemutar digital CDJ.

“Saya belajar DJ mulai dari 2016. Dulu saya belajar lewat YouTube secara otodidak,” tuturnya. 

Baca juga : Dua Perangkat Musik Jebolan Diplomat Success Challenge Bakal Tampil di NAMM Show California

Fian mengaku sebenarnya tidak terlalu mempelajari teknis untuk menjadi DJ. Yang ia butuhkan adalah memahami hitungan bar pada lagu. Menurutnya, hal yang sulit dalam bermain DJ adalah bagaimana memainkan lagu-lagu yang membuat orang senang.

“Kita kan tidak tahu selera musik penonton. Bagian tersulitnya ada di sini,” katanya.

Menurutnya, modal utama untuk menjadi seorang DJ adalah harus bisa banyak mendengarkan lagu dan mempunyai banyak referensi musik. 

Fian juga cukup beruntung mendapatkan banyak ilmu seputar DJ dari sosok Dipha Barus. Musisi elektronik ini memberikan banyak masukan bermanfaat dalam karir Fian sebagai DJ.

“Dipha Barus adalah teman saya juga. Dia orang yang merubah hidup saya, karena dari dia ilmu-ilmu DJ itu diajarkan,” katanya.

Berbicara mengenai profesi sebagai DJ profesional, Fian membenarkan jika prospeknya sangat menjanjikan secara finansial. Apalagi jika mampu konsisten untuk terus menjalaninya.

Fian sendiri juga cukup konsisten menekuni dunia DJ. Totalitas juga ia tunjukkan dengan menciptakan beberapa karya untuk mendukung eksistensinya.

Dirinya berkeinginan untuk merambah panggung internasional bersama para DJ dunia.

“Saya ingin masuk ke top 100 DJ dunia dan bermain di event international,” harapnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat