visitaaponce.com

Kepulangan Jemaah Haji Kloter 5 Makassar yang Pesawatnya Sempat Terbakar Disambut Hangat

Kepulangan Jemaah Haji Kloter 5 Makassar yang Pesawatnya Sempat Terbakar Disambut Hangat
Kepulangan Jemaah Haji Kloter 5 Makassar yang Pesawatnya Sempat Terbakar Disambut Hangat(Dok. MI)

JEMAAH haji kloter 5 dari Debarkasi Makassar tiba dari Arab Saudi Kamis (27/6), menggunakan Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 1204. Mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 11.52 Wita, pesawat tersebut membawa 450 orang jemaah.

Kloter 5 kembali ke Tanah Air setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji mereka. Sebelumnya, kloter ini mengalami insiden pada 15 Mei 2024 saat pesawat Garuda GIA 1105 mengalami kebakaran mesin sebelum keberangkatan dari Makassar. Beruntung, tidak ada korban dalam kejadian tersebut, namun keberangkatan jemaah sempat tertunda.

"Atas nama PPIH Debarkasi Makassar, kami mengucapkan selamat datang kembali di tanah air kepada jemaah kloter 5. Mari kita bersyukur atas nikmat yang Allah berikan sehingga jemaah ini bisa kembali dengan selamat," kata Wahyuddin Hakim, Kepala Bidang Penerimaan Jemaah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar, dalam prosesi penerimaan kloter 5 di Asrama Haji Makassar pada Kamis.

Baca juga : Sayap Pesawat Garuda Berisi Jemaah Haji asal Makassar Terbakar dan Mendarat Darurat

Kloter 5 terdiri dari jemaah haji asal Kabupaten Gowa. Meskipun mengalami insiden saat keberangkatan, jemaah tidak merasa trauma.

Pembimbing ibadah Zulkifly Hijas menyatakan bahwa jemaah sudah mengikhlaskan insiden tersebut dan puas dengan pelayanan selama menjalankan ibadah haji.

"Kejadian waktu itu bukan ujian, tapi bagian dari perjalanan yang Allah tentukan. Tidak ada yang merasa trauma, bahkan di Madinah jemaah merasa puas meskipun baru saja mengalami musibah," ujar Zulkifly.

Baca juga : Ada Keluhan, Menhub Minta Garuda Keberangkatan Haji Sesuai Jadwal

Bukti bahwa jemaah tidak trauma, ketika mereka tidak mempersoalkan pesawat yang akan digunakan saat kembali ke Tanah Air. Tidak ada yang bertanya apakah kloter 5 akan dipulangkan dengan pesawat yang sama.

"Saat mau pulang tidak ada jemaah yang bertanya apakah pesawat yang dulu mengalami insiden itu akan digunakan lagi. Alhamdulillah, jemaah kloter 5 kembali dengan selamat," tambah Kepala UPT Asrama Haji Makassar ini.

Kepulangan kloter 5 ditandai dengan seremoni penyerahan jemaah haji dari PPIH Debarkasi Makassar kepada perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa, Wahyuddin Hakim.

Baca juga : Garuda Indonesia Terbangkan Lagi Jemaah Haji UPG-05, Mendarat di Madinah Kamis Subuh

Dia mengatakan, ibadah haji diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan jemaah kepada Allah SWT, serta mengembangkan kepedulian sosial.

"Diharapkan setelah menunaikan ibadah haji, jemaah semakin peduli terhadap persoalan sosial dan kemanusiaan, serta menjadi teladan di tengah masyarakat," tutupnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat