visitaaponce.com

Sayap Pesawat Garuda Berisi Jemaah Haji asal Makassar Terbakar dan Mendarat Darurat

Sayap Pesawat Garuda Berisi Jemaah Haji asal Makassar Terbakar dan Mendarat Darurat
Sayap Pesawat Garuda Berisi Jemaah Haji asal Makassar Terbakar dan Lakukan Pendaratan Darurat.(Dok. Metro TV)

PESAWAT Garuda Indonesia yang ditumpangi 450 jemaah calon haji di kelompok terbang (kloter) 5, Embarkasi Makassar, mengeluarkan api pada bagian sayap kanan. Akibatnya, pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 1105 itu kembali ke Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, untuk melakukan pendaratan darurat.

Sebelum mengeluarkan api, pesawat sempat sempat lepas selama beberapa menit. Setelah melakukan pendaratan darurat, seluruh jemaah haji asal Kabupaten Gowa tersebut, langsung dievakuasi ke Asrama Haji Sudiang Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Terbakarnya bagian sayap pesawat diduga mengalami karena kerusakan pada bagian mesin. Sayap kanan pesawat ditengari mengeluarkan api dan asap setelah diduga terbakar karena kerusakan.

Baca juga : Jemaah Haji Diimbau tidak Bawa Barang Berlebihan

Hingga kini, para jemaah haji itu telah ditempatkan di ruang tunggu pemberangkatan di Gedung Minah, di Asrama Haji Sudiang Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka akan kembali diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji, menggunakan pesawat pengganti, pada malam ini, 15 Mei 2024.

Sementara itu, petugas PPIH Embarkasi Makassar, belum memberikan keterangan resmi atas insiden kerusakan pesawat yang ditumpangi 450 jemaah calon haji tersebut.

Pihak Garuda Indonesia menyebut kru pesawat melakukan pendaratan darurat sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut.

Baca juga : Garuda Sebut Tak Naikkan Harga Tiket Pesawat saat Mudik Lebaran

“Keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala engine pesawat yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine. Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi,” bunyi pernyataan resmi Garuda Indonesia.

“Perlu kami sampaikan bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 LT, dan hingga pernyataan ini disampaikan, seluruh penumpang tengah diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti,” tulis pihak Garuda.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat