visitaaponce.com

Pemimpin WGA Batalkan Pemogokan yang Berlangsung Selama Beberapa Bulan

Pemimpin WGA Batalkan Pemogokan yang Berlangsung Selama Beberapa Bulan
Writers Guild of America membatalkan pemogokan usai perundingan dengan studio produksi.(AFP)

PEMIMPIN serikat penulis yang berpengaruh, Writers Guild of America (WGA), pada hari Selasa membatalkan pemogokan yang telah melumpuhkan Hollywood selama beberapa bulan, dengan menerima kesepakatan gaji yang telah dirundingkan dengan studio produksi.

"Dewan direksi serikat penulis yang kuat ini memutuskan secara bulat untuk merekomendasikan kesepakatan tersebut," demikian disebutkan dalam pernyataan mereka, dengan menambahkan bahwa pemogokan tersebut berakhir pada Rabu pukul 12:01 pagi waktu Los Angeles.

Kesepakatan ini akan diserahkan kepada 11.500 anggota serikat, yang akan memutuskan apakah mereka menerima tawaran tersebut atau tidak, melalui pemungutan suara yang akan dilaksanakan antara 2-9 Oktober.

Baca juga: Pembicaraan Antara Penulis dan Studio Hollywood Diperpanjang

Detail kesepakatan yang diungkapkan WGA tampaknya menjadi kemenangan bagi para penulis, yang telah berjuang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi di tengah perubahan industri yang disebabkan layanan streaming, serta perlindungan dari kecerdasan buatan.

Kesepakatan ini akan memberikan bonus kepada penulis dalam serial yang ditonton oleh 20 persen atau lebih pelanggan dalam negeri penyiaran dalam 90 hari pertama setelah dirilis, yang merupakan kemenangan bagi para penulis yang melihat royalti mereka menurun di era Internet.

Baca juga: Wregas Sebut Film Budi Pekerti dapat Respon Positif di TIFF

Selain itu, materi yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan tidak akan dianggap sebagai materi sumber, sehingga tidak akan mengurangi gaji penulis jika mereka bekerja pada naskah yang menggunakan kecerdasan buatan.

"WGA juga akan mengklaim hak untuk menyatakan bahwa eksploitasi materi penulis untuk melatih kecerdasan buatan dilarang," sesuai dengan ringkasan yang disampaikan.

Secara teoritis, kesepakatan ini masih bisa ditolak oleh para penulis, tetapi sebagian besar ahli industri percaya bahwa ratifikasi akan menjadi formalitas. Selama proses pemungutan suara berlangsung, pekerjaan pada proyek-proyek TV dan film yang terhambat dapat mulai lagi. Acara talk show larut malam diharapkan akan mulai tayang kembali bulan depan.

Puluhan ribu penulis film dan televisi telah berhenti menulis sejak awal Mei untuk mendesak tuntutan termasuk gaji yang lebih baik, penghargaan yang lebih besar atas penciptaan acara yang sukses, dan perlindungan dari kecerdasan buatan.

Mereka telah berdiri di garis barikade selama berbulan-bulan di luar kantor-kantor termasuk Netflix dan Disney, dan pada pertengahan Juli, mereka digabungkan oleh para aktor yang mogok, sehingga menyebabkan lokasi syuting yang biasanya ramai menjadi hampir kosong dalam pertunjukan kekuatan yang dramatis.

Lima hari perundingan intensif antara serikat penulis dan Alliance of Motion Picture and Television Producers, yang mewakili para studio, berakhir pada hari Minggu.

Pengamat industri memperkirakan kesepakatan ini akan disambut oleh para anggota. "Kami bisa mengatakan, dengan bangga, bahwa kesepakatan ini luar biasa -- dengan keuntungan dan perlindungan yang bermakna bagi para penulis di setiap sektor keanggotaan," kata serikat tersebut pada hari Minggu.

Anggota WGA, Cylin Busby, mengatakan meskipun dia tidak tahu semua detail kesepakatan, dia merasa optimis. "Pesan yang kami terima dari serikat kami sangat positif sehingga saya akan terkejut jika ini bukan kesepakatan yang sangat baik bagi para penulis," katanya kepada AFP pada hari Selasa.

"Kami siap untuk kembali bekerja."

Meskipun kesepakatan ini disetujui, Hollywood tetap akan jauh dari layanan normal, dengan para aktor -- yang diwakili serikat SAG-AFTRA -- masih menolak untuk bekerja. Penyelesaian mogok tersebut diperkirakan akan memakan waktu minimum beberapa minggu lagi. Beberapa tuntutan SAG-AFTRA lebih jauh daripada tuntutan WGA.

Dan dengan ratusan proyek film dan televisi yang tertunda, Hollywood kemungkinan akan memerlukan beberapa bulan untuk mengatasi kemacetan logistik ini dan kembali sepenuhnya ke pekerjaan.

Para aktor berdiri di garis barikade pada hari Selasa di luar Netflix, dan para anggota WGA juga bergabung di sana untuk memberikan dukungan. "Pemogokan kami telah berakhir. Tetapi pertempuran masih akan berlanjut sampai para aktor mendapatkan kesepakatan mereka," kata anggota WGA, Vinnie Wilhelm.

"Kami tidak akan mendapatkan kesepakatan yang kami miliki jika tidak ada dukungan dari para aktor." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat