visitaaponce.com

Rakyat Israel Tuntut Mundur Netanyahu

Rakyat Israel Tuntut Mundur Netanyahu
Aktivis dan siswa sekolah melakukan protes mingguan yang menyerukan perepatan pemilu dan mendesak PM Israel Benjamin Netanyahu mundur.(AFP)

PENGUJUK rasa anti-pemerintah memblokir jalan-jalan di Israel, Senin (17/6). Mereka berasal dari para aktivis dan siswa sekolah menengah yang telah melakukan protes mingguan, yang menyerukan percepatan pemilu.

Dilansir dari Al Jazeera, pengunjuk rasa memblokir beberapa jalan raya dan persimpangan di Israel. Ini termasuk Highway 1, jalan utama yang menghubungkan Jerusalem dan Tel Aviv.

Siswa sekolah menengah juga melakukan aksi mogok sebagai bagian dari protes ini. Kedua kelompok tersebut akan berkumpul di Knesset untuk meneruskan unjuk rasa.

Baca juga : Didemo Warga Israel, Benjamin Netanyahu Sembunyi di Bunker Milliader AS

Setelah itu mereka akan berbaris menuju kediaman Perdana Menteri Netanyahu. Mereka meminta Netanyahu segera menanggalkan jabatannya dengan menggelar pemilu.

Mengungsi di hotel

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan warga Israel yang mengungsi akibat serangan Hizbullah akan kembali ke rumah mereka sesegera mungkin.

Ia memperingatkan Israel berada di ambang eskalasi yang lebih luas di tengah meningkatnya agresi dari Hizbullah. “Hizbullah membahayakan masa depan Libanon, sehingga dapat bertindak sebagai tameng bagi Hamas,” kata Hagari.

Baca juga : Demo Warga Israel Menuntut Pengunduran Benjamin Netanyahu 

Dia menambahkan Hizbullah telah menembakkan lebih dari 5.000 roket, rudal anti-tank, dan drone bersenjata dari Libanon ke arah Israel, sejak Oktober. Terlepas dari peringatannya, Hagari mengatakan Israel akan memastikan warga Israel yang mengungsi dari Israel utara akan kembali ke rumah mereka dengan selamat.

Puluhan ribu warga Israel telah tinggal di kamar hotel yang didanai pemerintah selama berbulan-bulan setelah mengungsi dari rumah mereka di dekat perbatasan selatan Israel dengan Gaza dan perbatasan utara dengan Israel.

Pemerintah Israel mengatakan pihaknya telah memperpanjang masa menginap hotel bagi para pengungsi Israel dari daerah yang berbatasan dengan Gaza hingga 15 Agustus. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat