visitaaponce.com

Lemhanas Bakal Gembleng Legislator dan Senator Terpilih sebelum Dilantik

Lemhanas Bakal Gembleng Legislator dan Senator Terpilih sebelum Dilantik
Ilustrasi: pelantikan anggota pengganti antarwaktu (PAW) DPR RI(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

LEMBAGA Ketahanan Nasional (Lemhanas) bakal menggembleng calon anggota DPR RI dan DPD RI terpilih hasil Pemilu Legislatif 2024. Calon legislator dan senator itu akan menjalani pelatihan berkenaan dengan nilai-nilai kebangsaan. Hal itu disampaikan Plt Gubernur Lemhanas Letjen TNI Eko Margiyono usai menandatangani nota kesepahaman dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Eko, kerja sama antara pihaknya dan KPU bertujuan untuk memberikan pembekalan maupun pemantapan nilai-nilai kebangsaan calon anggota DPR RI dan DPD RI terpilih. Untuk menggelar kegiatan tersebut, Lemhanas, sambungnya, juga sudah berkomunikasi dengan Kesekjenan DPR RI dan DPD RI.

"Pada intinya kita ingin anggota dewan, DPR RI maupun DPD RI ini mempunyai wawasan tentang kebangsaan, tentang ketahanan nasional, tentang kewaspadaan nasional, termasuk tata kelola tentang bernegara," ujarnya di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (25/6).

Baca juga : Kurangnya Sosialisasi Para Calon Anggota DPR Membuat Warga Bingung

Eko mengatakan, rencananya, pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi calon legislator dan senator terpilih itu akan digelar pada September, sebelum mereka semua dilantik menjadi anggota DPR RI dan DPD RI periode 2024-2029.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, kerja sama yang dijalin dengan Lemhanas bukan kali ini saja terjadi. Lima tahun lalu, ia menyebut juga terdapat kerja sama serupa untuk penguatan nilai-nilai kebangsaan calon legislator dan senator terpilih.

"Saya kira ini penting supaya kemudian para anggota DPR ketika menjalankan tugas-tugasnya lima tahun ke depan satu periode ini, yang ada di dalam pikiran hati maupun jiwanya adalah jiwa kebangsaan, kepentingan bangsa negara yang diutamakan daripada kepentingan-kepentingan yang lain," pungkas Hasyim. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat