visitaaponce.com

Perbedaan Vertigo dengan Lightheadedness

Perbedaan Vertigo dengan Lightheadedness
Perbedaan Vertigo dengan Lightheadedness(Ilustrasi)

TENTUNYA  Anda sudah mengetahui tentang vertigo. Namun ada juga istilah Lightheadedness. Vertigo adalah salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular.

Sedangkan lightheadedness adalah rasa tidak menyenangkan dari pusing dan/atau perasaan akan pingsan.

Kadangkala penderita merasa kepalanya sangat ringan tanpa bobot. Lightheadedness bukan suatu penyakit tertentu, tetapi merupakan gejala dari penyakit atau masalah kesehatan tertentu.

Baca juga: Kenali Beberapa Jenis Makanan yang dapat Memicu Migrain

Lightheadedness biasanya disebabkan oleh beberapa keadaan yang merusak aliran darah ke otak ketika seseorang sedang posisi berdiri.

Ini adalah tantangan bagi jantung untuk menjaga suplai darah ke otak-dan hal ini dapat dengan mudah merusak sistem.

Ketika pembuluh darah di otak melebar akibat dari temperatur atau suhu yang panas, rasa gembira yang terlalu tinggi, atau hiperventilasi, konsumsi alkohol seseorang bisa mengalaminya.

Hampir mirip namun vertigo adalah perasaan bahwa di sekitar Anda berputar. Sedangkan lightheadedness adalah ketika Anda merasa tidak stabil atau rasa ingin pingsan.

Keduanya seperti dilansir dari laman WebMD.com adalah sama-sama bisa digambarkan sebagai perasaan pusing.

Baca juga: Vertigo Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak, Begini Penjelasannya

Pada vertigo, yaitu lebih banyak dialami oleh orang dewasa (di atas usia 20 tahunan). "Pada mereka yang berusia 65 ke atas, ditemukan 80 persen mengalami rasa pusing.

Dan lebih dari setengahnya ditemukan memiliki rasa pusing vertigo," sebut dalam tulisan Brain and Nervous System dalam laman yang sama tersebut.

Penyebab pada vertigo adalah terletak di bagian paling sensitif dan bagian paling penting sistem vestibular di bagian dalam telinga Anda.

Di bagian tersebut dikirimkan sinyal ke otak Anda tentang di manakah letak tubuh Anda berada. Mata Anda juga membantu tubuh Anda agar tetap seimbang seiring dengan otot dan sendi-sendi Anda.  (Medcom/OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Msyaifullah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat