visitaaponce.com

Kena Vertigo Jangan Panik, Baringkan Badan Segera

Kena Vertigo? Jangan Panik, Baringkan Badan Segera
Ilustrasi(freepik.com)

VERTIGO merupakan penyakit yang membuat penderitanya mengalami pusing yang hebat sehingga merasa sekelilingnya ikut berputar. Vertigo terbagi menjadi dua jenis, pertama jenis perifer karena kelainan organ keseimbangan seperti di telinga dan suplai oksigen yang kurang. 

Kedua, jenis sentral, yakni vertigo menjadi gejala yang ditimbulkan dan diakibatkan proses di sistem saraf pusat atau di otak.

"Yang paling sering terjadi vertigo perifer karena kehilangan keseimbangan. Vertigo sendiri bisa diartikan sebagai sensasi berputar bisa objektif ataupun subjektif. Kalau subjektif karena pasien merasa dirinya yang berputar, sementara objektif lingkungannya yang berputar," jelas dokter spesialis saraf Rahadian Singosancoyo beberapa waktu lalu.

Baca juga : Sering Sakit Kepala sebelah Kiri? Kenali Penyabab dan Cara Mengatasi

Penyakit itu bisa disebabkan banyak hal, antara lain kekurangan semburan oksigen ke otak, infeksi gigi, dan infeksi organ lain. Oleh karenanya, penyebabnya harus dilihat secara teliti. 

"Jika pasien berumur 15 tahun, kita perlu tahu penyakit apa di umur 15 tahun yang bisa menyebabkan vertigo. Ini juga berlaku pada pasien dengan berbagai umur," kata dia.

Penanganan pertama jika mengalami vertigo ialah tidak boleh panik lalu menenangkan diri, posisikan badan dengan berbaring, dan mengonsumsi makanan seperti kacang almon serta meminum air jahe.

Baca juga : Raja Norwegia Dirawat di Rumah Sakit Kala Berlibur di Malaysia

Pasien yang mengalami vertigo bisa berbaring dan pinggang diganjal dengan bantal dengan miring 30 derajat, dilanjutkan dengan kepala miring ke kanan dan kiri dengan mata terpejam, dan badan menghadap ke samping dan perlahan duduk. Latihan gerakan tersebut bisa dilakukan pagi siang dan sore.

"Vertigo dan migrain sangat berbeda. Kalau vertigo, sensasi berputar, sementara migrain mengikat separuh kepala, bahkan sampai ada yang mengeluarkan air mata dan air liur. Vertigo hanya sensasi berputar yang diikuti dengan mual, muntah, dan sebagainya," ujarnya.

Tanda bahaya yang harus diperiksakan ke dokter ialah vertigo sentral karena terjadi kelainan di pusat sistem saraf. Orang dengan serangan strok juga memiliki gejala awalnya ialah vertigo walaupun saraf motorik normal, tapi sensasi putar masih ada dan saat memejamkan mata masih berputar sehingga harus segera pergi ke rumah sakit.

Vertigo bisa disembuhkan dengan mengatasi dulu penyebab awal vertigo itu muncul. Contohnya yang vertigo muncul karena infeksi pada gigi. Infeksi gigi tersebut yang harus disembuhkan terlebih dahulu sehingga vertigo bisa hilang. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat