visitaaponce.com

Penyebab Rambut Beruban dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Beruban dan Cara Mengatasinya
Uban(Ilustrasi: Times of India.)

 Rambut yang mulai berubah warna biasanya terjadi pada pertengahan hingga akhir usia 30 tahun-an. Penyebab uban adalah folikel rambut yang tidak lagi memproduksi melanin.
 

Jakarta: Semakin dewasa usia kehadiran uban di kepala sulit dihindari. Rambut yang mulai berubah warna biasanya terjadi pada pertengahan hingga akhir usia 30 tahun-an.
 
Penyebab uban adalah folikel rambut yang tidak lagi memproduksi melanin. Akibatnya rambut yang tumbuh akan berubah menjadi abu-abu, perak hingga berwarna putih.


Mengutip WebMD, ada beberapa penyebab rambut putih muncul, yakni:
 
Genetik
 
Apabila salah satu  dari orang tua Anda mulai beruban di usia 30-an, ada kemungkinan Anda juga mengalaminya.
 
Ras
 
Orang Asia mulai beruban pada akhir 30-an, orang kulit putih pada pertengahan 30-an dan orang Afrika-Amerika pada usia pertengahan 40-an.
 
Penyakit
 
Gangguan kesehatan seperti kekurangan vitamin B12, tomur langka dan penyakit tiroid dapat memengaruhi munculnya rambut putih di kepala.
 
Stres
 
Stres berdampak tidak langsung pada uban. Saat tertekan, rambut akan rontok sekitar 3 kali lebih cepat dari biasanya. Saat tumbuh kembali, warna rambut mungkin berubah menjadi abu-abu dan bukan warna aslinya.
 
Merokok
 
Satu studi menunjukkan bahwa perokok 2,5 kali  lebih mungkin mengalami pertumbuhan uban dini sebelum usia 30 tahun daripada mereka yang bukan perokok. Selain itu, asap rokok juga bisa membuat rambut abu-abu keperakan Anda terlihat menguning.
 
Perawatan rambut beruban
 
Merawat kelembaban dan minyak di kulit kepala dapat mengurangi rambut kusam dan kering. Panas dan cahaya dari lampu atau matahari bisa memutihkan rambut yang sudah berwarna kelabu dan membuatnya tampak kuning. Shampo berwarna ungu dapat membantu membuat rambut Anda berwarna perak cerah.
 
Berbagai cara tampil gaya meski beruban
 
1. Anda dapat menyembunyikan rambut kelabu dengan cara kreatif. Kenakan ikat kepala yang cantik. Atau ganti gaya rambut dengan belahan di bagian kepala yang warnanya masih alami.
 
2. Mewarnai rambut adalah cara mudah mengatasi uban. Cari produk pewarna rambut yang dirancang untuk rambut beruban. Pewarna permanen akan lebih baik menutupi akar membandel daripada warna semipermanen. Anda juga dapat menggunakan warna-warna terang yang dapat menyatu lebih baik di rambut abu-abu atau perak.  
 
3. Natural
 
Jika Anda siap menua dengan anggun, biarkan uban tumbuh alami. Tanyakan pada penata rambut seberapa banyak uban di kepala Anda. Jika tidak banyak, gunakan highlight. Atau gunakan warna-warna terang yang menyatu dengan baik dengan rambut.
 
4. Gaya rambut pas
 
Dengan gaya dan tekstur yang bagus, uban di kepala tetap dapat membuat tatanan rambut terlihat menarik. Perbaiki potongan rambut 6-8 minggu sekali. Banyak wanita yang mulai beruban memotong rambut menjadi pendek. Gaya rambut layer yang membuat rambut bergerak lebih cantik kendati helai-helai perak mulai menghiasi kepala.



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Triwinarno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat