visitaaponce.com

11 Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan Tubuh
Berikut manfaat untuk kesehatan dari daun jarak(Pinterest)

SIAPA sangka tumbuhan liar seperti daun jarak memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Tumbuhan ini umumnya terdapat di tanah-tanah kosong di perkebunan atau dekat pantai, bahkan di dalam hutan.

Daun jarak sendiri memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan dan dapat mengatasi masalah penyakit kronis sekalipun. Selain itu getah dari tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional.

Namun, tamanan ini juga ternyata memiliki racun yang bernama zat ricin di dalam getahnya. Biasanya tanaman jarak ini akan tumbuh di bawah ketinggian 800 meter di bawah permukaan laut (mdpl).

Baca juga : 11 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Terdapat empat tanaman jarak yang memiliki kahsiatnya masing-masing. Ada jarak pagar, jarak kepyar, jarak wulung dan jarak bali.

Berikut Manfaat Daun Jarak

1. Mengatasi Penyakit Kuning

Manfaat yang pertama adalah mengatasi penyakit kuning. Biasanya penyakit ini akan menyerang pada bagian kulit dan mata.

Kandungan yang ada dalam daun jarak adalah antioksidan dan antiinflamasi. Caranya kalian haluskan daun jarak dan campurkan dengan air kelama lalu air tersebut dapat langsung dikonsumsi.

Baca juga : 9 Manfaat Buah Pala bagi Kesehatan Tubuh, ini Kandungannya

2. Menjaga Kesehatan Hati

Lalu daun jarak ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Dalam kandungannya daun jarak ini memiliki senyawa aktif untuk kesehatan hati.

Kalian bisa menumbuk daun jarak sampai halus dan mencampurkannya dengan air kelapa, lalu airnya bisa kalian konsumsi.

3. Melembapkan Kulit

Selanjutnya adalah bisa melembapkan kulit. daun jarak ini sangat banyak manfaatnya untuk masalah kecantikan. Bahkan banyak juga perempuan yang masih menggunakan cara tradisional ini ke kulitnya.

Baca juga : 8 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Minyak dari daun jarak bisa kalian oleskan langsung ke kulit agar lembap. Kalian juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dan almond.

4. Menyembuhkan Luka

Manfaat selanjutnya daun jarak bisa untuk menyembuhkan luka. Dalam kandungannya daun ini memiliki asam risinoleat yang memiliki efek antiperadangan.

Cara menggunakannya, kalian bisa haluskan daun jarak dan tempelkan pada luka di tubuh. Nantinya luka tersebut akan lebih cepat sembuh dan kering.

Baca juga : 5 Manfaat Buah Rambutan bagi Kesehatan Tubuh

5. Mengatasi Ketombe

Kelima, daun jarak ini ternyata bisa mengatasi masalah ketombe. Banyak orang yang cukup sulit untuk mengatasi masalah ini, namun daun jarak memiliki banyak manfaatnya selain untuk penyakit kronis.

Caranya, kalian haluskan daun jarak sampai menjadi pasta dan olekan ke rambut. Lalu tunggulah selama 15 menit dan cuci dengan cara keramas.

6. Melawan Bakteri pada Infeksi

Lalu selanjutnya daun jarak ini bisa melawan infeksi bakteri di tubuh. Dalam kandungannya daun tersebut memiliki antimikroba.

Kandungan tersebut merupakan sebagai pengganti dari antibiotik dan sudah banyak dilakukan dalam pengobatan tradisional.

7. Menyehatkan Gigi dan Mulut

Selanjutnya daun jarak bisa mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut. Dalam kandungannya daun ini memiliki antibakteri.

Sehingga daun jarak bisa bermanfaat untuk masalah gigi berlubang dan bau mulut. Caranya kalian bisa konsumsi air rebusan dari daun jarak.

8. Meredakan Pembengkakan

Manfaat kedelapan yaitu untuk mengurangi pembekakan. Pilihlah daun jarak yang sudah tua untuk dijadikan obat herbal.

Caranya, kalian olah daun jarak sampai menjadi pasta. Lalu campurkan dengan sedikit garam dan oleskan pada daerah yang membengkak di tubuh.

9. Mengatasi Masalah Pencernaan

Lalu, daun jarak juga bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, sulit BAB hingga perut kembung. Untuk masalah ini kalian harus menggunakan daun jarak jenis pagar.

Cara mengolahnya, kalian rebus daun jarak dan air rebusannya bisa langsung diminum untuk menyembuhkan masalah pencernaan.

10. Mengobati Diabetes

Selanjutnya daun jarak ini bermanfaat untuk mengobati diabetes. Daun yang berbentuk menyerupai baun pepaya ini dapat menurunkan kadar gula di dalam tubuh.

Caranya, kalian bisa tempelkan daun jarak kepada luka atau tempat yang sakit diabetes. Karena dalam kandungannya daun jarak ini memiliki senyawa yang bisa meningkatkan insulin.

11. Mengobati Sariawan

Manfaat yang terakhir adalah mengobati sariawan. Daun jarak ini memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan luka.

Caranya, kalian hancurkan atau remas daun jarak hingga mengeluarkan getah. Getah tersebut kalian tempelkan pada luka atau sariawan di dalam mulut.

Dari 11 manfaat daun jarak di atas kalian bisa menggunakannya untuk pengobatan tradisional. (Z-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat