visitaaponce.com

Prodi Informatika dan Manajemen Paling Favorit

Prodi Informatika dan Manajemen Paling Favorit
Ilustrasi(FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)

PROGRAM studi Teknik Informatika dan Manajemen diketahui menjadi jurusan yang banyak diincar oleh calon mahasiswa baru yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020.

Wakil Ketua II Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Sutrisna Wibawa mengatakan, program studi Teknik Informatika banyak diminati oleh peserta SNMPTN karena tren yang ada saat ini.

Teknologi yang berkembang pesat, dinilai akan membuka lapangan kerja baru, sehingga banyak mahasiswa yang ingin mengambil kesempatan tersebut.

“Dunia sedang tren revolusi industri 4.0, penandanya era teknologi. Otomatis masyarakat menganggap penguasaan teknologi itu akan membuka lapangan kerja baru,” ujar Sutrisna saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (10/4).

Sedangkan jurusan Manajemen yang merupakan program studi lama, juga dinilai memiliki kesempatan kerja yang terbuka lebar, karena setiap perusahaan membutuhkan bidang Manajemen.

“Dii semua lini kan butuh Manajemen, keterbukaan lowongan kerja itu cukup lebar untuk manajemen,” imbuhnya.

Selain Teknik Informatika dan Manajemen, jurusan Psikologi dan Farmasi juga banyak diincar para peserta karena dinilai memiliki peluang kerja yang lebar. Sedangkan jurusan yang tergolong sepi peminat yakni jurusan Pertanian, Perikanan, dan Peternakan.

“Ini kan sebenarnya potensial. Negara kita kan negara agraris, negara maritim, tapi saya nggak tahu juga kenapa peminatnya tidak terlalu besar,” ujarnya.

Pria yang juga merupakan rektor Universitas Negeri Yogyakarta mengungkapkan, total calon mahasiswa baru UNY yang dinyatakan lulus SNMPTN 2020 sebanyak 1.552 peserta yang terbagi menjadi 531 calon mahasiswa di bidang Saintek dan 1.021 calon mahasiswa di bidang Soshum.

Lima prodi di bidang Saintek yang paling diminati yaitu Pendidikan Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Statistika. Sedangkan lima prodi populer di bidang Soshum yaitu Psikologi, Akuntansi, Manajemen, Pendidikan Teknik Boga, dan Ilmu Komunikasi.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat