visitaaponce.com

CORE UPJ 2024 Sukses Diskusikan Perkembangan Teknologi dan Komunikasi

CORE UPJ 2024 Sukses Diskusikan Perkembangan Teknologi dan Komunikasi
CORE di tahun keempat pelaksanaannya menyelesaikan seluruh rangkaian acara.(Dok CORE)

COMMUNICATION in The Future atau CORE di tahun keempat pelaksanaannya telah menyelesaikan seluruh rangkaian acara dari kuliah umum, education games, call for abstract, sampai seminar nasional mulai 22 Maret yang lalu hingga 6 Juni 2024 dengan total kurang lebih 1.100 partisipan. Rangkaian acara tersebut didukung oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya dengan mengusung tema Empowering Urban Synergy For Future Growth dan tagline Beyond Boundaries, Take The Opportunities sebagai wadah bagi para akademisi, praktisi, serta mahasiswa dalam penerapan ilmu komunikasi di masa depan.
 
Acara utama berupa seminar nasional di hari pertama, 5 Juni 2024, dengan moderator Fathiya Nur Rahmi, M.I.Kom., Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Pembangunan Jaya, dan diisi oleh Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., Aie Natasha, BSc., CSMP, Assoc. Prof. Dr. Edi Purwanto, S.E., M.M., M.M.T., M.H. dengan tema Urban Future: Environmental Quality and City Livability membahas tentang kaitan pembangunan berkelanjutan serta kualitas lingkungan pada masa depan. 

Dilanjutkan dengan seminar nasional lain di hari kedua, 6 Juni 2024, bersama moderator Suci Marini Novianty, S.I.P., M.Si., dan pembicara Assoc. Prof. Fariz Darari, Ph.D., Dann Rizky, MBA., serta Assoc. Prof. Dr. Geofakta Razali berdiskusi tentang The Role of AI in Urban Communities terkait artificial intelligence memengaruhi berbagai sektor kehidupan misalnya edukasi hingga yang harus dilakukan untuk menggunakannya dengan baik. 

Aie Natasha, BSc., CSMP, Founder sekaligus CEO dari Enable Project, mengungkapkan, "Untuk masyarakat umum, pentingnya kualitas kehidupan dimulai dari keseharian kita. Sebisa mungkin, praktik-praktik kecil tetapi nyata kita praktikkan." 

Baca juga : Prof. Satryo: Pertumbuhan Teknologi Tidak Lagi Linear Tapi Eksponensial

Hal ini mendukung urgensi peningkatan kualitas hidup masyarakat urban. Perkembangan teknologi di sisi lain dapat digunakan untuk hal-hal tersebut. 

"Penggunaan AI (artificial intelligence) tentu akan memfasilitasi masyarakat menjadi lebih urban. Hal ini memungkinkan fenomena seperti diversity yang lebih luas dapat menjadi salah satu tantangan yang dapat dibantu oleh AI dalam menjaga inklusivitasnya," papar Assoc. Prof. Dr. Geofakta Razali, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya.

Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., juga memuji kinerja panitia yang meninggalkan kesan baik acara. "Teman-teman di CORE 2024 perlu diapresiasi. Keren banget."

CORE merupakan acara tahunan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya dan dibantu kelola oleh Kelas Manajemen Acara KOM A Angkatan 2021. Acara ini berjalan sejak Mei 2021 dengan 946 peserta dan pada 2022 dengan peserta sebanyak 1.341 orang. Di tahun ini CORE berhasil menggaet kurang lebih 1.100 peserta. 

Selain seminar nasional, Call For Abstract akan mengumumkan pemenang presentasi untuk melanjutkan penelitian mereka dan memiliki kesempatan untuk dipublikasikan pada e-proceeding CORE 2024. Informasi lain terkait CORE 2024 dapat diakses melalui Instagram @core.upj dan website www.core.upj.ac.id. (RO/Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat