visitaaponce.com

Sirene akan Ramaikan Ritual Pengibaran Bendera 17 Agustus

Sirene akan Ramaikan Ritual Pengibaran Bendera 17 Agustus
Suasana Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

UPACARA peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia akan diramaikan dengan bunyi sirine. Tepatnya pada 17 Agustus 2020, pukul 10.17 WIB, sirene di seluruh Indonesia akan berbunyi. Di waktu yang bersamaan, di Halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, upacara pengibaran bendera akan dilaksanakan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan penyalaan sirene dilakukan sebagai pengingat kepada masyarakat untuk menghentikan seluruh kegiatan yang sedang dikerjakan kemudian berdiri, mengambil sikap sempurna, sebagai penghormatan terhadap detik-detik proklamasi 75 tahun lalu.

"Kita bisa memanfaatkan mobil pemadam kebakaran, mobil dinas perhubungan, mobil dinas kebersihan, mobil patroli kepolisian, semua yang punya sirene kita siapkan di titik-titik strategis, di pasar, perempatan jalan," ujar Heru di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8).

Baca juga: Upacara 17 Agustus di Istana Terbatas

Adapun, masyarakat yang berada di Indonesia bagian tengah dan timur, penghormatan dilakukan dengan menyesuaikan kegiatan di Istana Merdeka, Jakarta.

"Misalnya beda waktu dua jam, sepertu di timur, berarti 12.17 WIT mereka harus mengikuti itu. Begitu pun di luar negeri. Jika memungkinkan, perbedaan waktu hanya tiga sampai lima jam, mereka wajib mengikuti. Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri," jelasnya.

Kendati demikian, pelaksanaan penghormatan boleh tidak dilakukan oleh masyarakat yang sedang melakukan aktivitas yang bisa memicu bahaya jika dihentikan.

"Seperti ketika melaju di jalan tol atau di jalur cepat, tidak perlu melakukan ini karena membahayakan. Tapi bagi yang lain, mohon diusahakan untuk mengikuti acara ini," tuturnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat