visitaaponce.com

Dosen UI Masyarakat Harus Peduli Hasil Riset

Dosen UI: Masyarakat Harus Peduli Hasil Riset
Direktur Centre for Sustaninable Infrastructure Development (CSID) Fakultas Teknik UI Muhammad Ali Berawi(Dok UI)

DALAM rangka pengembangan inovasi teknologi di Indonesia untuk menwujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara maju, diperlukan penguatan kolaborasi semua pihak. Mulai dari pemerintah, lembaga riset, dunia usaha atau industry, dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Centre for Sustaninable Infrastructure Development (CSID) Fakultas Teknik UI Muhammad Ali Berawi saat berbincang dengan jurnalis Media Indonesia Sabam Sinaga dalam program Journalist on Duty Media Indonesia yang disiarkan melalui Intagram Live Media Indonesia, Senin (10/8) malam.

"Kita kan punya cita-cita pada 100 tahun kita merdeka, Indonesia menjadi salah satu negara maju dan sejahtera, dalam arti masuk dalam 5 besar negara dengan ekonomi kuat di dunia. Dalam rangka itu, tentu aspek inovasi teknologi harus didorong dan itu diperlukan penguatan kolaborasi semua pihak," kata Ali.

Baca juga : UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

Menurut Ali, dari sisi pemerintah sudah ada kebijakan yang mendukung iklim pengembangan teknologi dengan adanya UU Nomor 1 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. "Walaupun tentu saja regulasi ini harus bisa dikawal sehingga dieksekusi dengan cepat," kata Ali.

Aspek kedua, kata dia, adalah universitas atau lembaga-lembaga riset yang merupakan produsen pengetahuan dan teknologi. "Karena bagaimana pun di sanalah produksi pengetahuan dan produksi teknologi itu bisa dihasilkan. Kalo nanti bicara teknologi tepat guna kita bicara mulai dari vokasi sampai bicara pada riset yang hulunya ada di universitas," jelas dia.

Hal lain ialah terciptanya kondusivitas lingkungan industri yang bisa menyerap hasil-hasil riset inovasi teknologi. Bukan hanya itu, hal lain adalah masyarakat yang harus dididik untuk memiliki rasa bangga atas produk yang dihasilkan di dalam negeri.

Baca juga : Ajang Shell Think Efficiency 2023, Wakil ITB Juara Pertama Kategori Energi

"Artinya masyarakat juga harus memiliki kepedulian pada hasil riset. Apa yang dihasilkan oleh industri akan dipakai oleh masyarakat dengan rasa bangga," ungkap dia.

Hal lain yang juga penting adalah medium komunikasi untuk menyosialisasikan berbagai hasil atau riset inovasi teknologi. "Fungsi umas memegang peranan penting terhadap kesuksesan produk yang dihasilkan. Ini adalah bentuk kolaborasi yang baik dalam mengembangan berbagai hasil riset atau inovasi teknologi kita," pungkas Ali. (X-15)

Baca juga : UI Ciptakan Dua Alat Fiksasi Tulang Cegah Kematian pada Pasien Cedera Orthopaedi 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Henri Siagian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat