visitaaponce.com

Prof Kuwat, Penemu GeNose Terima Penghargaan Anugerah UGM 2020

Prof Kuwat, Penemu GeNose Terima Penghargaan Anugerah UGM 2020
GeNose alat deteksi Covid-19 temuan Prof Kuwat Triyono lewat embusan napas mampu mendeteksi Covid-19 dalam waktu cepat kurang dari 2 menit.(Antara)

UNIVERSITAS Gadjah Mada (UGM) memberikan penghargaan Anugerah UGM kepada Prof Drs Kuwat Triyono, inventor alat deteksi cepat Covid-19 GeNose. Apresiasi itu diberikan pada puncak peringatan Dies Natalis Ke-71 UGM yang digelar secara luring terbatas dan disiarkan secara daring, Sabtu (19/12).

Penyerahan Anugerah UGM 2020 dilakukan secara langsung oleh  Rektor UGM, Prof Panut Mulyono di Grha Sabha Pramana UGM. Dalam pidatonya, Profesor Kuwat mengaku bangga dapat menerima penghargaan Anugerah UGM 2020. Ia berharap ke depan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi masyarakat dan kemanusiaan dengan ilmu yang dimilikinya.

"Alhamdulillah, saya bersyukur, mewakili tim peneliti yang bersama-sama melakukan terobosan dalam rangka berkontribusi menyelesaikan masalah bangsa  di saat pandemi Covid-19. Semoga penghargaan ini menambah semangat kami dan tim untuk terus berkarya dan menghasilkan inovasi dari UGM untuk masyarakat Indonesia dan dunia," paparnya, seperti dikutip dari laman UGM.

Kuwat Triyono merupakan dosen pada Departemen Fisika FMIPA UGM sekaligus peneliti di Institute of Halal Industry and System (IHIS) UGM. Ia menekuni kajian fisika material dan instrumentasi sejak 2008. Berbagai produk inovasinya terdiri dari :

1. Masker antipolusi asap dan bakteri berbahan nanofiber
2. Hidung elektronik untuk deteksi cepat kontaminasi zat berbahaya dalam makanan, kadaluwarsa produk makanan, serta kehalalan produk
3. Lidah elektronik untuk otentikasi halal, deteksi keaslian dan kualitas produk secara cepat, akurat, dan portabel.
4. GeNose alat deteksi Covid-19 lewat embusan napas dengan kemampuan mendeteksi Covid-19 dalam tubuh manusia dalam waktu cepat kurang dari 2 menit.

Selain Profesor Kuwat, UGM juga memberikan penghargaan serupa kepada Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati, yang juga mantan Rektor UGM. "Keduanya dinilai berjasa besar di bidang kebudayaan, kebangsaan, kenegarawanan, kemanusiaan, dan atau kemasyarakatan dalam praktik intelektual dan atau sosial,” kata Sekretaris Rektor UGM Gugup Kismono saat membacakan kutipan Keputusan Rektor UGM No. 2560/UN1.P/KPT/Hukor/2020 tentang Pemberian Anugerah UGM Tahun 2020. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat