visitaaponce.com

Bersin-Bersin dan Hidung Mampet setiap Pagi belum Tentu Flu

Bersin-Bersin dan Hidung Mampet setiap Pagi belum Tentu Flu
Ilustrasi.(DOK Pribadi.)

APAKAH anda sering mengalami masalah hidung tersumbat atau bersin-bersin yang kambuh pada waktu tertentu, misalnya pagi hari atau ketika cuaca dingin pada malam hari? Gejala mirip flu ini dikenal dengan nama alergi rhinitis atau peradangan pada rongga hidung yang disebabkan oleh alergi.

Lantas apa saja yang membedakan alergi rhinitis dengan flu? Menurut dr. Selfiyanti Said M.Kes Sp.THT-KL, sepintas gejala alergi rhinitis mirip demam flu seperti hidung tersumbat, kadang berair, dan bersin-bersin. "Bedanya flu disebabkan oleh infeksi virus influensa sedangkan alergi rhinitis dipicu oleh reaksi alergi," tuturnya dalam keterangan resmi, Senin (21/6).

Alergi rhinitis bisa jadi karena alergi terhadap cuaca, debu, bulu hewan, serbuk bunga, hingga stres. Flu biasanya disertai demam, tidak dengan alergi. Gejala yang dominan pada alergi yaitu bersin-bersin dan hidung tersumbat. "Alergi biasanya ada waktu-waktu tertentu, seringnya pagi atau malam hari, pada saat dingin," ungkapnya.

Penderita alergi rhinitis biasanya mengalami kekambuhan gejala cukup sering, misal pada musim penghujan saat suhu harian lebih dingin, kadang terjadi hampir setiap hari. Menurut dr. Selfiyanti, yang perlu dilakukan untuk mencegah hidung tersumbat yakni dengan menghindari alergennya, istirahat yang cukup, banyak minum karena tubuh harus terhidrasi dengan baik, dan menghirup uap air hangat bisa membantu melegakan pernapasan.

Kalau cara-cara di atas tidak membantu, bisa dengan obat-obatan. "Obat-obatan yang bisa dibeli berupa antihistamin atau dekongestan, karena sifatnya bisa melegakan lubang hidung yang tersumbat," ujarnya.

Dr. Selfiyanti juga berpesan kalau ingin membeli obat secara mandiri, pastikan obat-obat yang dibeli itu harus ada lingkaran birunya. Apabila obat dot merah harus konsultasi ke dokter, karena efek samping lebih membahayakan.

Baca juga: Tips Praktis Sandra Dewi Terhindar dari Flu

 

Salah satu obat bebas pereda gejala alergi rhinitis ialah Dicom. Kandungan dekongestan (pseudoefedrin) dan antihistamin (triprolidin) dapat mengatasi masalah hidung tersumbat dengan cara mengurangi peradangan pada rongga hidung dan bisa digunakan sebagai pencegahan supaya reaksi alergi tidak berlanjut. Dicom masuk ke golongan obat bebas sehingga punya berlingkaran biru dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat