visitaaponce.com

Muhammadiyah Imbau Masyarakat Salat Iduladha di Rumah

Muhammadiyah Imbau Masyarakat Salat Iduladha di Rumah
Ilustrasi umat muslim melaksanakan salat Iduladha sebelum pandemi covid-19.(Antara)

KETUA Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau masyarakat untuk salat Iduladha di rumah pada tahun ini. Sebab, hal itu juga tidak mengurangi esensi dari beribadah di masa pandemi covid-19.

Melalui akun Twitter pribadinya @HaedarNs, Haedar menekankan bahwa angka kasus covid-19 di Tanah Air masih tinggi. Sehingga, salat Iduladha sebaiknya dilakukan di rumah sesuai tuntunan Tarjih Muhammadiyah dan organisasi Islam lain yang berfatwa memberi solusi beribadah di situasi darurat.

"Rumah itu juga musala yang di dalamnya setiap Muslim dapat beribadah sama khusyuknya, selain tempat membina keluarga sakinah dan membangun generasi Qurrota Ayunin," ujar Haedar, Sabtu (17/7).

Baca juga: Menag: Tidak Ada Salat Idul Adha di Masjid dan Takbiran Masa PPKM Darurat

Haedar menyebut berkurban dapat dialihkan untuk warga yang membutuhkan, khususnya terdampak pandemi covid-19. "Semuanya bernilai ibadah dan ihsan di hadapan Allah, tidak kurang sesuatu apa pun. Setiap hamba terbuka untuk kian dekat kepadanya dan berbuat baik bagi sesama, kehidupan pun makin bermakna," imbuhnya.

Diketahui, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan dalam situasi darurat akibat pandemi covid-19, kegiatan ibadah di rumah ibadah, termasuk daerah rawan, harus dihentikan sementara. Artinya, salat Iduladha di masjid atau lapangan pada 20 Juli mendatang juga ditiadakan.(OL-11)

 

 

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat