visitaaponce.com

Cuma 2 di Asia Pengalaman Safari di Indonesia Bisa Ditemukan di Pulau Bali

Cuma 2 di Asia! Pengalaman Safari di Indonesia Bisa Ditemukan di Pulau Bali
(DOK PLATARAN MENJANGAN)

INDONESIA memang tidak pernah habis akan kejutan. Siapa sangka di tahun ini ada resor di Indonesia yang dinobatkan sebagai 'World Top Safari Stay' oleh Trip Advisor Traveller’s Choice Award 2021. Terletak di Taman Nasional Bali Barat, Plataran Menjangan mewakili Indonesia sebagai satu-satunya resor yang terpilih dan satu di antara dua negara yang mewakili Asia. 

Seperti layaknya surga kecil, Plataran Menjangan menjadi ikon dan pusat  ekowisata Nasional karena pengalaman wisata 'tidak berdinding' yang menyatu dengan alam liar.

Berseberangan dengan Pulau Menjangan yang merupakan salah satu tempat menyelam dengan terumbu karang terbaik di dunia, Plataran Menjangan berada di lokasi strategis tempat bertemunya Pulau Bali dan Jawa.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di area Plataran Menjangan, Anda akan terbawa ke suasana asri dan rimbun, sejuk dan segar. Karena di sekeliling jalan terdapat banyak pohon tinggi.

Layaknya sedang berada di Hutan Hujan Amazon, di Plataran Menjangan terdapat kekayaan alam yang melimpah. Karena terletak di hutan lindung seluas 382 hektare. Kekayaan alam mulai dari 175 flora dan 167 fauna, hingga hutan bakau berusia lebih dari 100 tahun, dapat ditemukan di pesisir pantai sepanjang 7 kilometer.

Dengan pemandu handal kami, Anda dapat mengetahui segala kekayaan alam Indonesia dan cara terbaik untuk menjaganya. Mulai dari patroli dengan hiking, berjalan ke Plataran Ijen, atau mungkin juga untuk mengitari wilayah Plataran Menjangan dengan bersepeda. 

Terdapat beragam program encounter safari Plataran Menjangan. Mulai dari menemukan berbagai macam binatang seperti babi hutan, kucing batu, tupai raksasa, atau keluarga rusa 'menjangan' yang bebas tinggal di alam liar dengan program 'Ranger for A Day', sampai meditasi di dalam pohon boddhi yang sakral dengan pengalaman trekking penuh makna pada aktifitas 'Trails of Life'. 

Sungguh, serasa jadi pemeran utama di Indiana Jones!

Tidak hanya terbatas di daratan, Plataran Menjangan juga menghadirkan pengalaman seru di bawah laut. Untuk pemula, bisa saja mencoba snorkeling di laut dangkal dekat penuh dengan biota laut dan terumbu karang muda. 

Jika Anda ingin mengekplorasi lebih jauh lagi, tersedia aktifitas diving di beberapa spot turis terkenal. Seperti ‘Garden Eel’, ‘Ship Anchor Wreck’, atau ‘Bat Cave’. Tentunya semua dihiasi oleh beragam terumbu karang sehat di bawah laut.

Sebagai ikon ekowisata Indonesia sejati, Plataran Menjangan tidak hanya fokus pada kualitas resort, tetapi juga mengembangkan program pelestarian alam berkelanjutannya. Sejumlah program konservasi ada di sini, termasuk pembuatan sarang lebah liar, penanaman terumbu karang, pohon endemik dan bakau. 

Tidak lupa, Bali Barat juga terkenal sebagai rumah dari Burung endemik yang terancam punah, yaitu Jalak Bali. Di mana Plataran Menjangan juga turut serta membantu program pelestariannya di 'White Angels Eternal Love-Bali Starling Sanctuary'. 

Anda juga berkesempatan menjadi 'Bird Keeper for A Day', di mana Anda akan diantar untuk mengamati lebih dekat gerak gerik binatang langka ini, cara merawatnya, dan fakta-fakta yang membuat mereka sangat spesial. Bisa dibilang, Plataran Menjangan menyajikan pengalaman komplit menginap dekat dengan alam seakan-akan Anda berada di safari. (RO/OL-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat