visitaaponce.com

Luhut Angka Positivity Rate Indonesia Sudah di Bawah 2

Luhut: Angka Positivity Rate Indonesia Sudah di Bawah 2%
Ilustrasi(MI/ Vicky Gustiawan)

PELAKSANAAN PPKM level di sejumlah wilayah membuahkan hasil yang baik dengan penurunan kasus covid-19 yang signifikan. Bahkan, rasio positif Covid-19 atau positivity rate nasional sudah di bawah standar WHO sebesar 5%.

"Saat ini angka positivity rate Indonesia berada di bawah 2%. Hal ini lagi-lagi mengindikasikan penanganan Pandemi sudah berjalan baik," ungkap Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9).

Penanganan covid-19 yang terkendali itu, kata Luhut, terlihat dari kasus konfirmasi secara nasional yang sudah berada di bawah 2.000 kasus pada hari ini dan kasus aktif sudah lebih rendah dari 60 ribu.

Selain itu, Luhut mengklaim, jumlah yang ditracing dari hari ke hari terus meningkat. Saat ini proporsi kabupaten kota di Jawa dan Bali misalnya, dengan tingkat tracing di bawah 5 hanya sebesar 36% dari total.

"Ke depan, testing, tracing, dikombinasikan dengan isolasi terpusat menjadi bagian penting untuk mengidentifikasi secara dini potensi penyebaran kasus covid-19," ujar dia.

Namun, kabar baik ini diminta tidak membuat masyarakat terlena, misalnya dengan sengaja menimbulkan keramaian atau kerumunan di suatu tempat. Luhut menambahkan, kelengahan sekecil apapun yang dilakukan masyarakat, ujungnya bisa menimbulkan peningkatan kasus covid-19 dalam beberapa minggu kedepan.

"Pemerintah terus memohon kepada masyarakat agar sekali lagi tidak beruforia yang pada akhir mengabaikan segala bentuk protokol kesehatan yang ada. Apa yang dicapai kita bersama hari ini, tentunya bukanlah bentuk euforia yang harus dirayakan," tegasnya. (OL-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat