visitaaponce.com

Luhut Kesal Ketua dan Wakil Otorita IKN tak Becus Laksanakan Tugas

Luhut Kesal Ketua dan Wakil Otorita IKN tak Becus Laksanakan Tugas
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan(Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan angkat bicara perihal mundurnya Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. 

Menurutnya, kedua pucuk pimpinan OIKN dianggap tak becus menyelesaikan tugas dengan baik, utamanya masalah lahan-lahan di IKN, Kalimantan Timur.

Otoritas IKN bertanggung jawab pada kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN. Namun, dua bulan jelang upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, pemerintah dan OIKN masih berkutat dengan masalah sengketa lahan di kawasan ibu kota baru itu.

Baca juga : Muncul Isu Kepala Otorita IKN Dipaksa Mengundurkan Diri

"Soa lahan, ketua OIKN itu punya kewenangan yang sangat luas untuk menyelesaikan masalah. Ya, dia harus berani ambil risiko nya. Mereka (ketua dan wakil OIKN) sudah punya kewenangan semua, ya lakukan dong," ungkap Luhut di Jakarta, Selasa (4/6).

Persoalan pertanahan dianggap menjadi kendala investasi bagi pelaku usaha karena ketidakpastian kesediaan lahan. Oleh karena itu, Luhut yang ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi ketua tim task force (satuan tugas) percepatan investasi di IKN telah memimpin rapat-rapat dengan kementerian/terkait untuk penyelesaian sengketa lahan. Namun, Bambang dan Dhony dianggap gagal mengeksekusi penyelesaian lahan.

"Masalah lahan saya sudah pimpin rapatnya. tinggal eksekusi. Tapi, eksekusinya saja nggak bisa, ya gimana. Saya kesel saja lihatnya itu loh," tukas Luhut.

Baca juga : Groundbreaking Perdana oleh Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara

Kendati demikian, pergantian Bambang dan Dhony diharapkan tak mengganggu progres pembangunan ibu kota baru, serta kehadiran investor yang telah berkomitmen mengucurkan modalnya untuk IKN.

Presiden Joko Widodo telah resmi menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala dan Wakil Kepala OIKN.

"Target pembangunan masih oke, kurang sana sini ada lah, tapi secara keseluruhan masih baik. Investasi juga masih oke," pungkas Luhut. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat