visitaaponce.com

Pengertian Habitat dan Perbedaannya dengan Ekosistem

Pengertian Habitat dan Perbedaannya dengan Ekosistem
Ilustrasi habitat.(MI/Dwi Apriani.)

TEMPAT tinggal atau tempat penyesuaian diri suatu organisme disebut habitat. Hanya makhluk yang mampu beradaptasi dengan lingkungan hidupnya yang bisa tinggal di habitat tersebut.

Habitat yang tepat untuk tumbuhan yaitu yang mampu menyediakan cahaya, udara, air, dan tanah yang cukup. Namun, gurun bukan habitat yang tepat untuk tumbuhan lain seperti pohon pinus. Habitat untuk hewan berarti tempat untuk menemukan pasangan dan makanannya serta berkembang biak.

Fungsi habitat

Dilansir dari laman seluncur.id, habitat memiliki fungsi utama sebagai tempat tinggal makhluk hidup atau organisme tertentu. Selain itu ada beberapa peran dan fungsi habitat lain bagi makhluk hidup. Fungsi habitat yaitu:

* Sebagai tempat untuk hidup bagi makhluk hidup
* Sebagai tempat untuk tumbuh dan berkembang spesies tertentu
* Sebagai tempat perlindungan spesies untuk bertahan hidup
* Sebagai tempat berkembang biak makhluk hidup
* Sebagai tempat berkumpul dengan spesies sejenis

Perbedaan habitat dan ekosistem

Habitat adalah tempat makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. 

Ekosistem melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik. Dengan demikian, aliran energinya menuju pada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi siklus materi antara organisme dan anorganisme. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat