visitaaponce.com

Kantor Staf Presiden Pastikan Vaksin Booster Aman

Kantor Staf Presiden Pastikan Vaksin Booster Aman
Seorangi siswa usai menjalani vaksinasi covid-19 dosis pertama untuk anak usia 6-11 tahun di Polres Lhokseumawe, Aceh, Senin (10/1/2022).(ANTARA/RAHMAD)

KANTOR Staf Presiden (KSP) memastikan bahwa vaksin dosis ketiga atau booster aman untuk diberikan kepada masyarakat. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo menjelaskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) sudah mengkaji manfaat dan efek yang ditimbulkan vaksin booster.

"Ini sudah melalui kajian dan dipastikan aman," ujar Abraham melalui keterangan resmi, Selasa (11/1).

Ia menambahkan pemberian vaksin booster juga telah dilakukan di 120 negara di dunia. "Seharusnya masyarakat tidak perlu khawatir lagi," sambungnya.

Baca juga : Vaksin Booster Jadi Salah Satu Senjata Ampuh untuk Lawan Omikron

Sebagaimana diketahui, pemerintah akan memulai vaksinasi booster pada Rabu (12/1). Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivak.

"Pemerintah sudah menyiapkan 350 juta lebih vaksin untuk vaksinasi booster selama enam bulan kedepan," tutur Abraham.

Vaksinasi booster akan dilaksanakan di kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya telah memenuhi kriteria 70% dosis pertama dan 60% dosis kedua.

Baca juga : Stok Cukup, Pemda Ajak Warga Sumsel Segera Vaksinasi Covid

Hingga saat ini, ada 244 kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut.

Adapun, vaksin dosis ketiga akan diberikan kepada masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan. (H-3)

Baca juga : Vaksin Covid-19 Merek Lain Segera Masuk

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : HUMANIORA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat