visitaaponce.com

Ini Hewan Paling Setia pada Pasangannya, Ternyata Buaya Salah Satunya

Ini Hewan Paling Setia pada Pasangannya, Ternyata Buaya Salah Satunya 
Buaya(MI/Amir MR)

SALAH satu sifat yang paling diimpikan saat mencari pasangan adalah setia. Tak hanya manusia, ternyata hewan juga bisa setia dengan pasangannya lho. Salah satunya buaya, yang sering dijadikan istilah bagi pria yang sering berganti-ganti pasangan atau biasa disebut sebagai buaya darat. 

Ternyata, 70% buaya akan memilih pasangan yang sama saat musim kawin tiba meskipun buaya bisa saja mendapatkan pasangan baru. Bahkan hewan tersebut akan kawin satu kali sebagai bentuk kesetiaannya. 

Selain buaya, angsa juga merupakan salah satu hewan paling setia. Hewan satu ini akan selalu bersama pasangan yang sama hingga pasangannya mati dan enggan mencari pengganti yang lain. 


Antara/Aprilio Akbar

Adapun hal yang membuat angsa kemudian berpaling dari pasangannya adalah saat pasangannya tersebut tidak bisa bereproduksi. Karena sifatnya tersebut, tak heran bila angsa sering dijadikan sebagai simbol kasih sayang. 

Simbol kasih sayang dan kesetiaan juga melekat pada merpati. Hewan yang satu ini hanya mencari pasangan hidup sekali seumur hidup. Mereka juga akan setia pada pasangannya hingga salah satu dari mereka mati. 

Baca juga : AJI dan Maverick Kolaborasi Bantu Kalangan Jurnalis Terdampak Covid-19

Selain itu, kupu-kupu juga termasuk hewan yang setia. Hewan dengan sayap cantik tersebut hanya melakukan perkawinan dengan lawan jenisnya sekali seumur hidup. Selain perkawinan, kupu-kupu juga hanya bertelur sekali dalam hidupnya. Umur kupu-kupu sendiri berkisar selama 2 hingga 4 minggu. 


Antara/Arnas Padda

Kemudian ada serigala yang merupakan salah satu hewan paling setia. Dibalik sebutannya sebagai hewan buas, mereka setia terhadap satu dengan yang lainnya hingga salah satunya mati. Tak hanya itu, serigala juga rela berkorban nyawa demi anaknya. 

Lalu ada Siamang. Hewan yang satu ini ditemukan setia terhadap pasangannya meskipun terjadi beberapa anomali pada beberapa pasangan. Kesetiaan tersebut terjadi karena hidup bersama dan bekerja sama dengan pasangan membantu kelangsungan hidup siamang. 

Selain Siamang, juga ada rayap yang masuk dalam kelompok hewan yang setia. Seperti semut, rayap adalah jenis serangga yang memiliki ratu. Namun, tidak seperti ratu semut yang dapat kawin beberapa kali sebelum dia mati, ratu rayap hanya akan kawin dengan satu jantan seumur hidupnya. 

Burung hantu juga merupakan salah satu spesies hewan yang setia terhadap pasangannya. Mereka akan selalu bersama, tak hanya di musim kawin, namun setiap saat. Pasangan burung hantu akan bekerja sama untuk membesarkan dan melindungi anak-anaknya. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat