visitaaponce.com

DPR dan Kemensos Kirim Bantuan Korban Banjir di Serang, Banten

DPR dan Kemensos Kirim Bantuan Korban Banjir di Serang, Banten
Warga menyusuri daerah yang teredam banjir untuk mengungsi ke daerah yang lebih tinggi di Serang, Banten, Selasa (1/3).(DZIKI OKTOMAULIYADI / AFP)

KETUA Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto bersama Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Pepen Nazaruddin, menyerahkan bantuan bagi warga terdampak banjir di tiga lokasi banjir di Kota Serang, Banten.

"Ini kita dengar menjelang siang banjir besar di Kota Serang. Saya sebagai anggota DPR RI Dapil II Serang-Cilegon langsung berkoordinasi dengan Kemensos dan para pihak yang lain, membawa berbagai bantuan yang memang diperlukan oleh warga yang mengungsi," kata Yandri dalam keterangannya, Rabu (2/3)

Adapun bantuan logistik disalurkan dalam dua tahap. Tahap pertama terdiri dari makanan siap saji 600 paket, makanan anak, 400 paket, lauk pauk siap saji 400 paket, family kit 200 paket, tenda gulung 50 lembar, selimut 200 lembar, matras 200 unit, air minum kemasan 30 dus, dan Tenda Serbaguna Keluarga 2 unit.

Baca juga : Banjir Lebak Meluas ke Desa Gunung Anten Kecamatan Cimarga 

Sementara tahap dua terdiri dari makanan siap saji 600 paket, makanan anak 400 paket, lauk pauk siap saji 400 paket, family kit 200 paket, tenda gulung 50 lembar, selimut 200 lembar, matras 200 unit, air minum kemasan 30 dus, Tenda Serbaguna Keluarga 2 unit, sandang dewasa 300 paket, Tenda Keluarga 2 unit, serta sembako 500 paket.

"Intinya kami merespon dengan cepat, Kemensos bersama Komisi VIII yang memang membidangi masalah sosial dan kebencanaan, sudah tiba di lokasi dan langsung diterima oleh warga," katanya.

Selain memberikan bantuan logistik, lanjut Yandri, pihaknya juga mendirikan Posko pengungsian untuk warga korban banjir di Kota Serang dan Cilegon. Saat ini, ada sekitar 2.500 orang yang ada di Posko pengusian tersebut.

Baca juga : Sungai Ciujung Meluap, Banjir Rendam Permukiman di Lebak

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak RT dan RW setempat untuk mendata kebutuhan bantuan yang diinginkan warga,” ujarnya.

Terpisah, salah seorang warga korban banjir asal Kota Serang, Anton (35) mengatakan bahwa warga yang menjadi korban banjir saat ini membutuhkan air bersih dan pakaian.

“Untuk bantuan makanan Alhamdulilah sudah ada,” singkatnya.

Banjir akibat curah hujan tinggi mengakibatkan sepanjang sungai kali Banten meluap ke beberapa wilayah di Kota Serang dengan kedalaman 2 hingga 5 meter. (Far/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat