visitaaponce.com

8 Nama-Nama Surga dalam Islam

8 Nama-Nama Surga dalam Islam 
Ilustrasi berdoa dalam islam untuk bisa masuk surga(Freepik.com)

NAMA-nama surga ada banyak dengan arti dan tingkatan yang berbeda. Dalam Islam, nama-nama Surga ada di Alquran. Mengutip dari Jurnal al-Fath 11(2) dan buku “Akidah Akhlak MI Kelas III”, berikut ini nama-nama surga yang ada dalam Alquran seperti dilansir dari www.katadata.co.id. 

1. Surga Firdaus merupakan surga paling dikenal. Itu tempat bagi orang yang salatnya khusuk, menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia, rutin membayar zakat, menjaga kemaluannya, menjaga amanah, menepati janji, dan menjaga salat. 

2. Surga Adn' yang mana dimuat dalam Q.S At-Taubah "Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di Surga 'Adn. dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar (QS. At-Taubah atau 72). 

3. Surga Al-Naim yang merupakan tempat untuk orang yang bertakwa kepada Allah dan beramal saleh. Nama surga ini juga disebutkan dalam Al-Quran yakni dalam Surat Luqman ayat 8-9. 

Baca juga : Pria Minta Menag Hapus 300 Ayat Al-Qur'an, ini Respons MUI

4. Surga Al-Ma’wa yang diperuntukan bagi orang bertakwa kepada Allah, beramal saleh, serta takut kepada kebesaran Allah dan mampu menahan hawa nafsunya. Disebutkan dalam Ayat Alquran Q.S As-Sajdah ayat 19 tentang surga ini. 

5. Surga Darussalam yang diperuntukan bagi orang dengan jalan yang lurus dan bertaqwa. Surga ini disebutkan dalam Q.S Yunus ayat 25. 

6. Surga Darul Muqamah adalah surga untuk orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah. Darul Muqamah mempunyai arti tempat tinggal orang yang tidak pernah lelah dan merasa lesu. Namanya disebutkan dalam Q.S. Fatir ayat 35 

7. Surga Al-Maqamul Amin. Surga ini menjadi tempat bagi orang yang bertakwa. Mereka berada dalam tempat yang aman seperti disebutkan dalam Q.S. Ad-Dukhan ayat 51. 

8. Surga Khuldi merupakan surga paling akhir yang menjadi tempat bagi orang yang senantiasa menaati perintah Allah dan menjauhi larangannya. Surga Khuldi disebutkan dalam salah satu ayat Alquran yaitu di Q.S. Al-Furqan ayat 15 sampai 16.
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat