visitaaponce.com

10 Malaikat yang Wajib Diketahui dan Tugas Mereka

10 Malaikat yang Wajib Diketahui dan Tugas Mereka
Umat Islam membaca Al-Qur'an saat beriktikaf di Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Aceh Barat, Aceh.(Antara/Syifa Yulinnas.)

SEBAGAI negara penganut agama Islam terbanyak di dunia dan negara berasas pada Ketuhanan yang Maha Esa, penting bagi kita untuk memperdalam pengetahuan pada nilai nilai keagamaan. Salah satunya dengan mengetahui malaikat yang ada dalam agama Islam.

Pengertian malaikat

Malaikat merupakan utusan Allah SWT. Malaikat diciptakan berasal dari nur (cahaya). Manusia biasa tidak akan bisa melihat malaikat. Hanya nabi dan rasul yang bisa melihat langsung malaikat. Mempercayai malaikat masuk dalam rukun iman kedua.

Baca juga: Pengertian Ijtihad Menurut Bahasa serta Fungsi dan Contoh

Tujuan dari malaikat diutus yaitu perantara dari perkataan Allah SWT, untuk mengingatkan manusia dan menyampaikan pesan Allah SWT. Karena itu kita harus mengimani malaikat sebagai perantara Allah SWT.

نَزَلَ بِهِ الُّروْحُ اْلأَمِيْنُ عَلىَ قَلْبِكَ لِتَكُوْنَ مِنَ اْلمُنْذَرِيْنَ 

"Turunlah Ar-Ruhul Amin (Jibril) dengan membawa Al-Qur'an di hatimu, supaya engkau menjadi salah seorang dari orang-orang yang memberikan peringatan." (Asy-Syu'ara': 193-194)

مَايَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ اِلاَّ  لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ 

"Tidak sesuatu perkataan yang dikatakan, melainkan mesti ada malaikat yang mengawasi dan meneliti." (Qaaf: 18)

Baca juga: Tafsir Al-Qashash 88 Menyembah Allah yang tidak Pernah Hancur

Sifat malaikat

Malaikat tidak sama dengan manusia dalam sifat-sifat dan pekerjaan. Malaikat bukan jenis laki-laki dan bukan perempuan, tidak makan dan tidak pula minum, dan dalam keadaan biasa tidak dapat dilihat dengan mata kepala. Malaikat-malaikat sebangsa ruh saja.

Nama malaikat

Berikut nama-nama malaikat.

1. Malaikat Jibril.

Tugas dari malaikat Jibril yaitu menyampaikan wahyu Allah SWT kepada nabi dan rasul-Nya. Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir, sehingga wahyu yang disampaikan hanya berakhir kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Salat Jamak Takdim dan Takhir Pengertian, Niat, Tata Cara

2. Malaikat Mikail.

Malaikat Mikail punya tugas untuk memberi rezeki dan berkat kepada seluruh makhluk hidup di dunia, bukan hanya manusia, tetapi juga hewan dan tanaman. Selain itu, Mikail memiliki tugas mengatur cuaca, hujan, kemarau.

3. Malaikat Israfil.

Malaikat Israfil diberi tugas oleh Allah SWT untuk meniupkan sangkakala di Hari Akhir nanti. Hari yang menandakan kiamat sudah datang. Di hari itu, semua makhluk akan mati, kecuali Allah SWT. Setelah itu, Israfil meniupkan terompet yang kedua untuk membangkitkan semua orang dari kematian.

Baca juga: Pengertian Tawasul, Jenis, Bacaan, dan Manfaatnya

4. Malaikat Izrail.

Tugas dari malaikat Izrail yaitu pencabut nyawa. Takdir seseorang sudah ditentukan, termasuk kematian tidak akan bisa dihindari. Malaikat Izrail bertanggung jawab untuk mencabut nyawa orang tersebut, apabila waktunya telah tiba.

5. Malaikat Munkar.

Malaikat Munkar diberi tugas sebagai penanya di alam kubur nanti. Malaikat Munkar akan bertanya mengenai kehidupan orang yang telah meninggal tersebut atau amal perbuatannya yang buruk selama hidup. Malaikat Munkar dikisahkan membawa godam sebagai senjatanya.

Baca juga: Diwawancara Ustaz Felix Siauw, Rhoma Irama Mengaku Pernah Minum Bir

6. Malaikat Nakir.

Berbeda dengan Malaikat Munkar yang bertanya mengenai keburukan orang selama hidup, Malaikat Nakir bertugas bertanya mengenai kebaikan orang selama dia hidup. Malaikat Nakir dikisahkan tampak lebih baik dan indah.

7. Malaikat Raqib.

Tugas dari Malaikat Raqib yaitu menulis amal dan kebaikan seseorang selama dia hidup. Ia selalu mengikuti kita di bagian kanan.

Baca juga: Tiga Zikir Sunah Rasul Dibaca 100 Kali Sehari, Manfaatnya Top Banget

8. Malaikat Atid.

Malaikat Atid memiliki tugas yang berbeda dengan Malaikat Raqib. Malaikat Atid menulis keburukan seseorang selama dia hidup. Ia selalu mendampingi kita di bagian sebelah kiri manusia.

9. Malaikat Malik.

Malaikat Malik memiliki tugas menjaga pintu neraka. Malaikat Malik dikisahkan sebagai malaikat yang kuat dan tidak akan berbelas kasihan kepada penghuni neraka.

Baca juga: Doa-Doa ketika Cuaca Panas Menyengat Bumi

10. Malaikat Ridwan.

Malaikat Ridwan ditugaskan menjaga pintu surga. Dia akan menyambut para nabi, rasul, dan orang orang yang masuk ke surga. Malaikat Ridwan digambarkan sebagai malaikat yang lemah lembut. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat