visitaaponce.com

Doa-Doa ketika Cuaca Panas Menyengat Bumi

Doa-Doa ketika Cuaca Panas Menyengat Bumi
Pengunjung menggunakan payung untuk berlindung dari sengatan sinar matahari saat mengunjungi tempat wisata Kota Tua, Jakarta.(MI/Ramdani.)

PADA hari-hari belakangan ini, banyak wilayah yang diterpa cuaca panas yang sangat menyengat. Menurut para ahli, ini terkait dengan perubahan iklim. Dalam menghadapinya, umat Islam dibekali sejumlah doa menghadapi cuaca panas.

Apa saja doa-doa menghadapi cuaca panas? Berikut doa-doanya yang dapat dibaca dalam memohon perlindungan kepada Allah dari panasnya cuaca.

Doa pertama ketika cuaca panas 

Ada doa dari ijazah Alhabib Abu Bakar Al Masyhur Al 'Adni. 

اَللّهُمَ صَلّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللَّهُمَّ مَا أَشَدَّ حَرَّ هَذَا الْيَوْمِ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ حَرِّ جَهَنَّمَ

Baca juga: Tiga Doa Mohon Pemimpin yang Baik dan Sayangi Rakyat

Allaahumma shalli alaa sayyidinaa Muhammadin wa 'alaa aali sayyidinaa Muhammad. Allaahumma maa asyadda harra haadzal yaum. Allaahumma ajirnii min harri Jahannam.

Ya Allah limpahkanlah selawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah alangkah dahsyatnya panas hari ini. Ya Allah lindungilah kami dari panasnya neraka Jahanam.

 

Doa lain yang mirip berasal dari hadis yang disebutkan berstatus lemah. Namun menurut para ulama boleh kita mengamalkan doa dari hadis lemah.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مَا أَشَدَّ حَرَّ هَذَا الْيَوْمِ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ حَرِّ جَهَنَّمَ،

Baca juga: Doa-Doa Perjalanan Bepergian Mudik, Wisata, Tugas agar Selamat

Laa ilaaha illallah maa asyadda harra haadzal yaum. Allaahumma ajirnii min harri Jahannam.

Tidak ada Tuhan selain Allah. alangkah dahsyatnya panas hari ini. Ya Allah lindungilah kami dari panasnya neraka Jahanam.

 

Doa kedua ketika cuaca panas

Ada lagi doa yang disampaikan untuk menghadapi cuaca panas di tengah kemarau panjang. 

اللهم خفف عنا وعن المسلمين، اللهم قِنا شر هذا الحر واحمنا منه ومما يحمل من أذى، اللهم لا تجعل فيه المرض ولا الهلاك لأحدٍ من عبادك، اللهم خفف حرارة الشمس وأثرها علينا، اللهم أجرنا من نار جهنم يا رحيم، اللهم أجرنا من حر جهنم يا غافر الذنب وقابل التوبة يا غفور يا رحيم.

Allaahumma khaffif 'annaa wa 'anil muslimiin, allaahumma qinaa syarra haadzal harr, wahminaa minhu wa mimmaa yaḥmilu min adzaa, allaahumma laa taj’al fiihil maradha walal halaaka li ahadin min ‘ibaadik, allaahumma khaffif haraaratasy syamsi, wa atsarahaa 'alaynaa, allaahumma ajirnaa min naari jahannama yaa rahiim, allaahumma ajirnaa min harri jahannama yaa ghaafiradz dzamb, wa qaabilat taubah, yaa ghafuur, yaa rahiim.

Baca juga: Doa agar Hujan Berhenti sesuai Sunah Rasul

Ya Allah, ringankanlah dari kami dan kaum muslimin. Ya Allah, selamatkan kami dari bahaya panas ini, lindungilah kami dari panas ini dan dari penyakit yang dibawanya. Ya Allah jangan engkau jadikan pada panas ini penyakit dan kebinasaan bagi siapapun dari para hamba-Mu. Ya Allah, ringankanlah panas matahari ini dan dampaknya bagi kami. Ya Allah, selamatkan kami dari api neraka wahai Yang Maha Pengasih. Ya Allah, selamatkan kami dari panas neraka wahai Yang Maha Mengampuni dosa, Maha Menerima taubat. Ya Allah Yang Maha Pengampun, Maha Pengasih.

Doa ketiga ketika cuaca panas

Seorang sahabat datang ke masjid dan menceritakan bencana kekeringan. Ia meminta Rasulullah SAW yang sedang khutbah Jumat untuk berdoa kepada Allah. Hadis ini diriwayatkan secara muttafaq alaih.

اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا

Allaahumma agitsnaa, allaahumma agitsnaa. 

Ya Allah, tolonglah kami. Ya Allah, tolonglah kami. 

Doa keempat ketika cuaca panas

Doa ketika cuaca panas diambil dari pembukaan khutbah salat istisqa Rasulullah SAW. Doa ini sekaligus meminta hujan.

 اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اَلْعَالَمِينَ، اَلرَّحْمَنِ اَلرَّحِيم، مَالِكِ يَوْمِ اَلدِّينِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ يَفْعَلُ مَا يُرِيدُ، اَللَّهُمَّ أَنْتَ اَللَّهُ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَنْتَ اَلْغَنِيُّ وَنَحْنُ اَلْفُقَرَاءُ، أَنْزِلْ عَلَيْنَا الْغَيْثَ، وَاجْعَلْ مَا أَنْزَلْتَ عَلَيْنَا قُوَّةً وَبَلَاغًا إِلَى حِينٍ   

Alhamdulillaahi rabbil aalamiin. Arrahmaanir rahiim. Maaliki yaumid diin. Laa ilaaha illallaahu yaf'alu maa yuriid. Allahumma antallaah. Laa ilaaha illaa anta. Antal ghaniyyu wa nahnul fuqaraa'. Anzil ‘alainal ghaytsa waj'al maa anzalta 'alaynaa quwwatan wa balaghan ilaa hiin. 

Baca juga: Doa Minta Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa

Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam, Maha Pemurah, Maha Penyayang. Yang menguasai hari Pembalasan. Tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Allah. Dia melakukan semua yang dikehendaki. Ya Allah, Kau adalah Allah. Tidak ada tuhan yang layak disembah kecuali Engkau. Kau Maha Kaya dan kami membutuhkan-Mu. Karena itu turunkanlah hujan kepada kami. Jadikanlah yang telah Kau turunkan sebagai kekuatan dan bekal bagi kami sampai hari yang ditetapkan. (HR Abu Dawud)

Doa kelima ketika cuaca panas

Bisa juga kita membaca doa istisqa seekor semut di zaman Nabi Sulaiman AS. Ini diambil dari cerita Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Imam Ahmad.

اَللَّهُمَّ إِنَّا خَلْقٌ مِنْ خَلْقِكَ، لَيْسَ بِنَا غِنًى عَنْ سُقْيَاكَ

Allaahumma innaa khalqun min khalqika, laysa binaa ghinan ‘an suqyaaka. 

Ya Allah, kami salah satu makhluk-Mu. Kami tidak dapat berlepas ketergantungan dari anugerah air-Mu. 

Doa keenam ketika cuaca panas

Bisa juga kita membaca doa istisqa yang pernah dibaca oleh Rasulullah menurut riwayat Abu Awanah dari Sahabat Sa'ad ra.

اَللَّهُمَّ جَلِّلْنَا سَحَابًا، كَثِيفًا، قَصِيفًا، دَلُوقًا، ضَحُوكًا، تُمْطِرُنَا مِنْهُ رَذَاذًا، قِطْقِطًا، سَجْلًا، يَا ذَا اَلْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Allaahumma jallilnaa saḥaaban, katsiifan, qashiifan, daluuqan, dhaḥuuqan, thumthirunaa minhu radzaadzan, qith-qithan, sajlan, yaa dzal jalaali wal ikraam. 

Baca juga: Doa-Doa Mohon Rezeki dan Kaya yang Dipanjatkan Rasulullah

Ya Allah ratakanlah hujan di bumi kami, tebalkanlah gumpalan awannya, yang petirnya menggelegar, dahsyat, dan mengkilat, awan yang darinya Kau hujani kami dengan tetesan deras hujan yang kecil, rintik-rintik, yang menyirami bumi secara merata, wahai Dzat yang Maha Agung lagi Maha Mulia.

 

Demikianlah enam doa ketika cuaca panas melanda. Kita dapat mengamalkan satu atau doa di atas atau semua dibaca lebih baik lagi. Semoga Allah mengabulkan doa kita dan melindungi kita semua dari cuaca panas yang melanda. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat