visitaaponce.com

Tiga Doa Mohon Pemimpin yang Baik dan Sayangi Rakyat

Tiga Doa Mohon Pemimpin yang Baik dan Sayangi Rakyat
Ilustrasi.(DOK MI.)

RAKYAT Indonesia akan kembali memilih presiden, pemimpin daerah, anggota DPR yang baru pada pemilu 2024. Karena itu, selayaknyalah umat Islam melantunkan doa-doa agar rakyat memperoleh presiden, gubernur, atau anggota DPR sebagai pemimpin yang baik, takut kepada Allah, menyayangi seluruh warga, tidak kekanak-kanakan, dan tidak bodoh.

Itu karena Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk berdoa dan Dia senang mendengarkan doa para hamba-Nya serta mengabulkan doa makhluk. Berikut doa-doa untuk memperoleh pemimpin yang baik.

Doa memperoleh pemimpin baik yang dikelilingi orang baik

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

Baca juga: Jelang Pemilu, Empat Doa Mohon Pemimpin yang Penyayang

Allahumma ashlih wulaa ta umuurinaa, Allahumma waffiq hum limaa fiihi shalaa huhum wa shalaa hul islaami walmuslimiina, Allahumma a'inhum 'alalqiyaami bimahaa mihim ka maa amartahum yaa rabbal'aalamiin.

Allahumma ab'id 'anhum bithaanatas suu i wal mufsidiina wa qarrib ilayhim ahlalkhayri wannaashihiina yaa rabbal'aalamiina. Allahumma ashlih wu laata umuuril muslimiina fii kulli makaanin.

Baca juga: Doa-Doa Perjalanan Bepergian Mudik, Wisata, Tugas agar Selamat

Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam.

Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

Doa terhindar dari pemimpin yang tidak menyayangi rakyat 

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا - بِذُنُوْبِنَا - مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُناَ 

Allahumma la tusallith 'alaina bidzunubina man la yakhafuka wala yarhamuna. 

Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami--karena dosa-dosa kami--orang yang tidak takut kepada-Mu dan tidak punya belas kasihan kepada kami.

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Latin, dan Terjemahan 

Doa ini pernah disampaikan KH A Mustofa Bisri (Gus Mus) pada 1 Desember 2015. Gus Mus menganjurkan untuk membaca istighfar sebelum berdoa sebagaimana dilansir NU Online.

Doa berlindung dari pemimpin kekanak-kanakan dan bodoh

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

Allahumma inni a’udzubika min imaa ratish shibyan was sufahaa'.

Baca juga: Nikah di Bulan Syawal termasuk Sunah Rasul?

Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan pemimpin yang bodoh.

Itulah tiga doa terkait permohonan untuk memperoleh pemimpin yang baik, amanah, adil, dan cerdas. Doa-doa tersebut dapat dipanjatkan untuk memilih pemimpin, baik terkait pemilu presiden, pemilu anggota legislatif, dan pemilu kepala daerah. Semoga Allah mengabulkan yang kita minta dan harapkan memperoleh para pemimpin yang baik dan menyayangi semua rakyatnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat