visitaaponce.com

Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Latin, dan Terjemahan

DOA qunut memiliki arti doa yang diucapkan sambil berdiri tegak dalam salat yang hukumnya sunah.

Secara etimologi kata qunut (bahasa Arab: الْقُنُوْتُ‎, qunut) berasal dari bahasa Arab yang memiliki beberapa makna, di antaranya berdiri lama, diam, selalu taat, tunduk, doa, dan khusyuk.

Sedangkan secara istilah qunut ialah doa yang dibaca seorang muslim dalam salat.

Baca juga : Beda Doa Qunut yang Dibaca Imam dan saat Salat Sendiri

Qunut merupakan doa yang biasa dibaca saat menjalankan ibadah shalat subuh.

Doa Qunut memiliki manfaat apabila dilafalkan. Bacaannya mencakup kebaikan dunia dan akhirat, mendatangkan banyak berkah, dan menjauhkan kita dari segala bentuk mudarat.

Terlebih, jika doa ini dipanjatkan rutin selama Ramadan, ketika pintu kebaikan dan maaf dibuka oleh Allah Ta'ala.

Baca juga : Zikir, Doa, Qunut Nazilah untuk Palestina dan Masjid Al-Aqsa

Berikut merupakan bacaan Doa Qunut Arab, latin, beserta artinya.

Bacaan Doa Qunut Arab, Latin, dan Arti:

Bacaan Doa Qunut Arab:

للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Baca juga : Doa Sholat Tarawih Lengkap dari Niat, Bacaan Bilal, Doa Kamilin, Hingga Dzikir

Bacaan Doa Qunut Latin:

"ALLAHUMMAH DIINII FIIMAN HADAIT WA AAFINII FIMAN AAFAIT. WATAWALLANII FIIMAN TAWALLAIT WABAARIKLII FIIMAA A'THAIT. WAQINII BIRAHMATIKA SYARRA MAA QADLAIT. FA INNAKA TAQDLII W ALAA YUODLAA 'ALAIK, WA-INNAHU LAA YADZILLU MAN WAALAIT. WALAA YA'IZZU MAN AADAIT. TABAARAKTA RABBANAA WATA 'AALAIT. FALAKAL HAMDU 'ALAA MAA QADLAIT ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU I LAIK. WASHALLALLAAHU'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN NABYYIL UMMIYYI WA-'ALAA AALIHI WASHAHBIHI WASALLAM."

Arti Bacaan Doa Qunut:

Baca juga : Bacaan Doa I'tidal Arab, Latin, dan Arti

"Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala Puji bagiMu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas Nabi Muhammad beserta keluarganya."

Doa Qunut Arab Latin dan Arti

Manfaat dan Keutamaan Doa Qunut

Dalam hadist riwayat Al Baihaqi, dari Anas bin Malik dijelaskan keutamaan membaca doa qunut Subuh pendek Arab, yakni

Baca juga : 14 Doa Iftitah sesuai Sunah Rasulullah

“Rasulullah SAW membaca doa qunut selama sebulan mendoakan keburukan untuk mereka. Kemudian meninggalkannya. Sedangkan, pada sholat Subuh, beliau tetap membaca doa qunut hingga meninggal dunia.”

Membaca doa Qunut memiliki beberapa kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh oleh orang yang membaca doa Qunut. Adapun beberapa manfaat membaca doa Qunut dalah sebagai berikut:

1. Doa Qunut Memberikan Petunjuk Hambanya

Baca juga : Doa Zikir setelah Salat Fardu Lima Waktu Arab, Latin, Terjemah

Bacaan "Allahummahdinii fii man hadaiit” artinya bahwa permintaan seorang hamba kepada Allah agar diberikan petunjuk. Membaca doa qunut secara terus menerus ketika shalat shubuh, insya Allah, Allah akan menganugerahkan petunjuk kepada para hambanya.

2. Doa Qunut Untuk Mendapatkan Perlindungan

Dengan membaca doa Qunut senantiasa dalam perlindungan Allah SWT baik keselamatan di dunia maupun keselamatan untuk di akhirat kelak.

Baca juga : Qunut saat Salat Witir sejak Pertengahan Ramadan, Dalil dan Caranya

Kalimat di dalam doa Qunut “ Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang mempunyai makna kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba Mu yang lain yang sudah dikasih keselamatan.

3. Doa Qunut Menghindarkan dari Penyakit

Dengan melafazkan doa Qunut bisa tercegah dari penyakit hati, sekaligus bisa membuat fisik sehat, tidak gampang terkena penyakit.

Baca juga : Ini Bacaan Doa Setelah Salat Witir Arab, Latin, dan Arti Sesuai Sunnah

Kalimat “wa’aafini fii man hadaiit” tidak saja diyakini memberi perlindungan berbentuk keselamatan. Kalimat tersebut pula bisa memberikan keselamatan misalnya mencegah hambanya dari setiap jenis penyakit.

4. Doa Qunut Memberikan Berkah

Kalimat “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang maknanya berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasih.

Baca juga : Doa-Doa yang Dipanjatkan saat Ramadan Hari Ke-1 sampai 30

Kalimat itu menunjukkan dan menjelaskan bahwa Allah senantiasa menganugerahkan kebaikan berbentuk berkah untuk tiap hambanya.

Salat Subuh tanpa Doa Qunut, Apakah Boleh?

Mazhab Syafi’i dan Maliki berpandangan bahwa melaksanakan qunut pada shalat Subuh merupakan hal yang dianjurkan. Pandangan ini salah satunya berdasarkan hadits riwayat Anas bin Malik berikut:

مَا زَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِيْ صَلاَةِ الْغَدَاةِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا

Baca juga : Tata Cara Sujud Sahwi dan Bacaannya serta Arti

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam senantiasa melakukan qunut pada shalat Subuh sampai beliau meninggalkan dunia” (HR. Ahmad).

Sedangkan mazhab yang lain, yakni mazhab Hanbali dan Hanafi, berpandangan bahwa melaksanakan qunut bukanlah hal yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat shalat Subuh. pandangan ini salah satunya didasarkan atas dua hadits berikut ini:

إنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كَانَ لَا يَقْنُتُ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ، إلَّا إذَا دَعَا لِقَوْمٍ، أَوْ دَعَا عَلَى قَوْمٍ

Baca juga : Tiga Versi Doa Iftitah dalam Arab, Latin, dan Artinya

“Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut ketika shalat fajar (shalat Subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum” (HR Muslim).

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ شَهْرًا يَدْعُو عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ ثُمَّ تَرَكَهُ

“Rasulullah melakukan qunut selama sebulan, mendoakan jelek kepada satu kelompok (salah satu kabilah dari Bani Sulaim) kemudian beliau tidak melakukan qunut lagi” (HR. Bukhari Muslim).

Baca juga : Ketahui, Ini Doa Pengganti Qunut Subuh

Pada dasarnya hukum membaca doa qunut Subuh adalah sunnah sehingga bila dibaca mendatangkan pahala dan jika tidak dibaca tak masalah.

Hal ini seperti melansir buku ‘Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar Imam an-Nawai’ terbitan Mutiara Media, qunut dalam sholat Subuh hukumnya adalah sunnah.

Berdasarkan hadist riwayat Ibnu Abbas RA, “Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak melakukan qunut dalam sholat Subuh, kecuali beliau terpisah dengan dunia.”

Baca juga : Beda Pendapat Empat Imam Mazhab dalam Qunut

Kapan Doa Qunut Dibaca?

Pada mazhab Syafi'i, Doa Qunut dibaca pada rakaat kedua salat subuh, setelah ruku' dan sebelum sujud. Pada mazhab Maliki, Doa Qunut juga dibaca pada rakaat kedua salat subuh, tetapi sebelum ruku'.

Doa Qunut biasanya juga dilafalkan pada salat witir di Bulan Ramadan. Membaca Doa Qunut pada salat witir sudah terjadi saat zaman sahabat Rasulullah Saw, Ubay bin Ka'ab, Umar ibn Khattab, dan sahabat Nabi Muhammad Saw lainnya.

Tapi, kapan waktu yang tepat untuk membaca Doa Qunut saat salat witir di Bulan Ramadan?

Baca juga : Tata Cara Salat Subuh dan Niatnya

Mahzab Syafi'i, hukum membaca Doa Qunut saat salat witir di Bulan Ramadan adalah sunnah, dilakukan di rakaat terakhir salat witir, dan dilaksanakan di separuh terakhir Ramadan.

Sedangkan, pendapat lainnya, Doa Qunut boleh dibaca pada rakaat terakhir salat witir di sepanjang Bulan Ramadan.

Adanya perbedaan pendapat di antara ulama, namun yang paling kuat pendapatnya adalah mengikuti Mahzab Syafi'i.

Baca juga : Tata Cara Salat Tarawih saat Ramadan 

Bacaan Doa Qunut Nazilah dan Artinya

Berbeda dengan Doa Qunut saat salat subuh, Doa Qunut Nazilah adalah doa yang dibacakan untuk memohon perlindungan dari bencana atau menghadapi persoalan berat lainnya.

Apabila Doa Qunut biasa dibaca saat rakaat terakhir salat subuh, Doa Qunut Nazilah dibaca saat rakaat terakhir salat lima waktu.

Rasulullah Saw pernah membaca Doa Qunut Nazilah selama sebulan berturut-turut setiap salat lima waktu, selepas bacaan i'tidal di rakaat terakhir.

Baca juga : Bacaan Doa Dzikir Pagi, Amalkan ini setelah Salat Subuh

Lalu, seperti apa bacaan Doa Qunut Nazilah? Berikut ini bacaan dan artinya menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Allaahummahdii fiiman hadaiyt. Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafaiyt. Wa tawallani fiiman tawallaiyt Wa baarikli fiimaa a’thoiyt. Wa qini syarro maa Qodloiyt. Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk. Wa innahu laa yadzillu man waalayt.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiyt. Tabaarokta robbanaa wa ta’aalaiyt. Fa lakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt. Astaghfiruka wa natuubu ilaiyk. Allaahummadfa’ ‘annal gholaa’a wal balaa’a wal wabaa’ wal Fahsyaa’a wal Munkar. Was Suyuufal Mukhtalifata wasy Syadaaida wal mihan. Maa zhoharo minhaa wa Maa Bathon. Mim Balainaa Hadzaa Khoosshoh. wa Min Buldaanil Muslimiina ‘Aammatan. Innaka ‘Alaa Kulli Syaiin Qadiir. Wa shallaahu ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa’alaa aalihi wa Shahbihii wa Sallam.

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Salat Subuh Arab, Latin dan Artinya

Arti Doa Qunut Nazilah

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW serta seluruh keluarga dan sahabatnya.”

Baca juga : Manfaat Membaca Doa Dzikir Pagi Setiap Hari

Doa qunut dan qunut nazilah memiliki perbedaan pemakaian. Biasanya, doa qunut nazilah dibaca ketika dalam keadaan darurat atau bencana. Maka membaca doa qunut nazilah saat pandemi seperti ini pun dianjurkan.

Doa Qunut Nazilah untuk Palestina

Salah satu bencana kemanusiaan yang paling disorot dunia adalah terjadinya genosida di Palestina. Hal ini membuat seluruh masyarakat dunia bersatu dan berseru menyatakan mendukung kemerdekaan bagi Palestina.

Apabila merasa tidak dapat membantu rakyat Palestina, membaca Doa Qunut Nazilah bisa menjadi "senjata" untuk melakukan perlawanan dari jarak jauh.

Baca juga : Bacaan Ayat Kursi Latin, Arab dan Artinya

Meminta kepada Allah Swt agar warga Palestina mendapat perlindungan dan juga merayu Allah Swt agar Palestina mendapat keadilan serta kemerdekaannya.

Berikut ini merupakan lafal doa qunut nazilah, yang disarikan dari Hasyiyatul Baijuri karya Syekh Ibrahim Al-Baijuri, tanpa keterangan tahun, Beirut, Darul Fikr, juz I, halaman 169), seperti yang dilansir dari nu.or.id.

Bacaan Arab Doa Qunut Nazilah untuk Palestina:

Baca juga : 7 Amalan menjelang Isra Miraj, Baca Al-Qur'an dan Perbanyak Doa

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ 

Bacaan Latin Doa Qunut Nazilah untuk Palestina:

Allâhumma innâ nasta‘înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na‘budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas‘â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq. 

Baca juga : Ini Bacaan Doa Sujud Tilawah dan Tata Cara Melakukannya

Artinya:

Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.

Bacaan Arab Doa Qunut Nazilah untuk Palestina:

Baca juga : Doa Menyambut Ramadan, Baca ini Sesuai Sunnah Rasulullah

اللَّهُمَّ عَذِّبْ الْكَفَرَةَ وَالْمُشْرِكِينَ أَعْدَاءَ الدِّينِ الَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِك وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَك وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَاءَك اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ إنَّك قَرِيبٌ مُجِيبُ الدَّعَوَاتِ اللَّهُمَّ أَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَاجْعَلْ فِي قُلُوبِهِمْ الْإِيمَانَ وَالْحِكْمَةَ وَثَبِّتْهُمْ عَلَى مِلَّةِ نَبِيِّك وَرَسُولِك وَأَوْزِعْهُمْ أَنْ يُوفُوا بِعَهْدِك الَّذِي عَاهَدْتهمْ عَلَيْهِ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّهِمْ وَعَدُوِّك إلَهَ الْحَقِّ وَاجْعَلْنَا مِنْهُمْ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ 

Bacaan Latin Doa Qunut Nazilah untuk Palestina:

Allâhumma adzzibil kafarata wal musyrikîn, a‘dâ’ad dînilladzîna yashuddûna ‘an sabîlik, wa yukadzzibûna rusulaka wa yuqâtilûna auliyâ’ak. Allâhummaghfir lil mu’minîna wal mu’minât, wal muslimîna wal muslimât, al-ahyâ’i minhum wal amwât, innaka qarîbun mujîbud da‘awât. Allâhumma ashlih dzâta bainihim, wa allif baina qulûbihim, waj‘al fî qulûbihimul îmâna wal hikmah, wa tsabbithum alâ dînika wa rasûlik, wa auzi‘hum an yûfû bi‘ahdikalladzî ‘âhadtahum alaih, wanshurhum ala ‘aduwwihim wa ‘aduwwika ilâhal haq, waj‘alnâ minhum, wa shallallâhu alâ sayyidinâ muhammadin wa alâ âlihi wa shahbihî wa sallam. 

Baca juga : Niat Sholat Jenazah Lengkap dari Bacaan Hingga Tata Caranya

Artinya:

Tuhan kami, jatuhkan azab-Mu kepada orang-orang kafir dan musyrik, (mereka) musuh-musuh agama yang berupaya menghalangi orang lain dari jalan-Mu, mereka yang mendustakan rasul-Mu, dan mereka yang memusuhi kekasih-kekasih-Mu. Ya Allah, ampunilah hamba-hamba-Mu yang beriman laki-laki dan perempuan, kaum muslimin dan muslimat, baik yang hidup maupun yang sudah wafat. Sungguh, Engkau maha dekat dan pendengar segala munajat. Tuhanku, damaikan pertikaian di antara kaum muslimin, bulatkan hati mereka, masukkan kekuatan iman dan hikmah di qalbu mereka, tetapkan mereka di jalan nabi dan rasul-Mu, ilhami mereka untuk memenuhi perjanjian yang telah Kauikat dengan mereka, bantulah mereka mengatasi musuh mereka dan seteru-Mu. Wahai Tuhan hak, masukkanlah kami ke dalam golongan mereka itu. Semoga shalawat dan salam Allah tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw, keluarga, dan para sahabatnya. 

Itu dia bacaan Doa Qunut lengkap dari bacaan Arab, latin, arti, keutamaan, hingga bacaan Doa Qunut Nazilah.

Baca juga : 3 Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Beserta Tulisan Latin Lengkap

Semoga kita dapat mengamalkan doa tersebut dengan baik dan semoga Allah Swt mengabulkan semua doa-doa dan harapan kita. 

(OL-14)

 

Baca juga : Bacaan Niat Sholat Nisfu Sya'ban, Berjamaah Maupun Sendirian Beserta Tata Caranya

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat