visitaaponce.com

Doa-Doa yang Dipanjatkan saat Ramadan Hari Ke-1 sampai 30

Doa-Doa yang Dipanjatkan saat Ramadan Hari Ke-1 sampai 30
Ilustrasi.(DOK MI.)

RAMADAN merupakan bulan yang istimewa bagi umat Muslim. Ramadan dapat memberikan banyak kesempatan bagi umat Muslim untuk mengumpulkan banyak pahala.

Selain berpuasa Ramadan, ibadah lain dapat menjadi amalan yang berlipat ganda pada bulan suci itu. Anda dapat mengamalkan doa-doa yang termasuk amalan sunah yang dianjurkan sebagai berikut.

Doa menyambut Ramadan

Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan.

Baca juga: Jangan Kagetan, Banyak Perbedaan Pendapat Ulama dalam Ibadah Ramadan

Artinya, "Ya Allah, sampaikan aku dengan selamat menuju bulan Ramadan. Sampaikanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan."

Doa niat puasa Ramadan

Doa niat puasa Ramadan sebaiknya dibaca di malam hari hingga sebelum terbit fajar. Dengan membaca niat ini, ibadah puasa dapat dijalankan dengan sah sesuai syariat Islam. 

1. Nawaitu shauma ghadin 'an adā'i fardhi syahri Ramadhāna hādzihis sanati lillāhi ta'ālā. Artinya, "Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala."

2. Nawaitu shauma Ramadhāna. Artinya, "Aku berniat puasa bulan Ramadan."

Baca juga: Ulama Salaf Berbeda Pendapat tentang Waktu Niat Puasa Ramadan

3. Nawaitu shauma ghadin min'an Ramadhāna. Artinya, "Aku berniat puasa esok hari pada bulan Ramadan."

4. Nawaitu shaumal ghadi min hādzihis sanati 'an fardhi Ramadhāna. Artinya, "Aku berniat puasa esok hari pada tahun ini perihal kewajiban Ramadhan."

Doa makan sahur

Yarhamullâhul mutasahhirîn.

Artinya, "Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."

Doa saat berbuka puasa

Allâhumma laka shumtu wa 'alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ.

Artinya, "Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah."

Doa malam lailatul qadar

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu'anni.

Artinya, "Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku."

Doa ini dapat dibaca pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Para ulama mengatakan, malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadan yang paling diutamakan. Meskipun tidak menutup kemungkinan lailatul qadar dapat hadir di malam-malam genap.

Doa salat witir

Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar, amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semesta alam.

Semoga bermanfaat! (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat