visitaaponce.com

Tata Cara Salat Subuh dan Niatnya

Tata Cara Salat Subuh dan Niatnya
Ilustrasi salat subuh.(Antara/Galih Pradipta.)

SALAT subuh atau salat fajar (bahasa Arab: صلاة الصبح‎ atau صلاة الفجر) ialah salah satu salat wajib dari salat lima waktu yang dilakukan pada saat fajar sampai menjelang matahari terbit. Salat subuh didahului oleh salat sunah fajar sebanyak dua rakaat.

Jumlah rakaat salat subuh sebanyak dua rakaat dengan bacaan yang panjang. Adapun waktu salat subuh dimulai sejak menyingsingnya fajar atau redupnya bintang karena cahaya matahari hingga mulai tampak terbitnya matahari. Menurut pandangan Imam Syafii pada rakaat kedua salat fajar disertai dengan doa qunut setelah bangkit dari ruku.

Dikutip dari buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs. Moh. Rifa’i, berikut bacaan niat salat subuh.

Ushallii fardlash shub-hi rak ataini mustaq-bilal qiblati adaa-an (ma'muman/imaman) lilla-hi ta'aalaa.

Artinya, "Aku menyengaja shalat fardlu subuh dua raka'at menghadap qiblat (ma'muman/imaman) karena Allah."

Qunut Subuh

Pada rakaat kedua salat subuh, pada waktu iktidal berdiri tegak dari rukuk setelah membaca, "Rabbana lakal hamd," lalu membaca doa di bawah ini:

"ALLAHUMMAH DIINII FIIMAN HADAIT. WA 'AAFINII FIMAN AAFAIT. WATAWALLANII FIIMAN TAWALLAIT. WABAARIKLII FIIMAA A'THAIT. WAQINII BIRAHMATIKA SYARRA MAA QADLAIT. FA INNAKA TAQDLII WALAA YUODLAA 'ALAIK. WA-INNAHU LAA YADZILLU MAN WAALAIT. WALAA YA'IZZU MAN AADAIT. TABAARAKTA RABBANAA WATA 'AALAIT. FALAKAL HAMDU 'ALAA MAA QADLAIT. ASTAGHFIRUKA WA-ATUUBU I LAIK. WASHALLALLAAHU'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN NABYYIL UMMIYYI WA-'ALAA AALIHI WASHAHBIHII WASALLAM."

Baca juga: Pengamalan Pancasila Sila ke-2 dalam Kehidupan Sehari-hari

Artinya, "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan." (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat