visitaaponce.com

Doa Zikir setelah Salat Fardu Lima Waktu Arab, Latin, Terjemah

Doa Zikir setelah Salat Fardu Lima Waktu Arab, Latin, Terjemah
Ilustrasi.(MI/Fransisco Carollio.)

RASULULLAH SAW menganjurkan kepada umat Islam untuk berzikir dan berdoa setelah salat fardu atau shalat fardhu. Ada beberapa zikir dan doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. 

Berikut rangkaian zikir dan doa setelah melaksanakan salat fardu atau sholat fardhu. Yuk dihafalkan dan diamalkan.

Istighfar 

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal 'azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum wa atuubu ilaih.

Baca juga: Urutan Wudhu yang Benar, Langkah-langkahnya dan Doa Wudhu

Aku mohon ampun kepada Allah Maha Agung yang tidak ada Tuhan selain Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk) dan aku bertobat kepada-Nya.

Bacaan istighfar ini dianjurkan sebanyak tiga kali.

Doa perlindungan siksa neraka

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allaahumma ajirnii minan naar.

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Subuh Arab, Latin, dan Terjemahan

Ya Allah lindungilah aku dari neraka.

Doa ini dianjurkan dibaca tujuh kali setelah salat subuh dan maghrib. 

Doa masuk surga

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام

Allaahumma antassalaam wa minkassalaam wa ilaika ya'udussalaam fahayyina rabbana bissalaam wa adkhilnal jannata darassalaam tabarakta rabbana wa ta'alaita ya dzal jalaali wal ikraam. 

Baca juga: Jelang Pemilu, Empat Doa Mohon Pemimpin yang Penyayang

Ya Allah Engkaulah Zat yang punya keselamatan, dari-Mu keselamatan, kepada-Mu akan kembali lagi segala keselamatan, maka hidupkanlah kami wahai Tuhan kami dengan keselamatan, masukkanlah kami ke surga negeri keselamatan, Maha Berkah Engkau wahai Zat yang Maha Agung dan Maha Mulia. 

Zikir tauhid 

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wa huwa 'alaa kulli syain qadiir.

Baca juga: Saf Lelaki dan Perempuan Bercampur, Salat Sah atau Batal?

Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa tiada sekutu bagi-Nya milik-Nya kekuasaan dan milik-Nya pujian yang menghidupkan dan mematikan dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.

Ada anjuran membaca zikir tauhid ini 10 kali setelah salat subuh sebelum mengubah posisi duduk tahiyat akhir. Di luar salat subuh, zikir tauhid ini dapat dibaca sekali saja.  

Doa pasrah kepada Allah

اَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَاالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ 

Allaahumma laa maani'a limaa a'thaita walaa mu'thiya limaa mana'ta walaa yanfa'u dzal jaddi minkal jadd.

Baca juga: Doa Minta Rezeki Nabi Musa, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa

Ya Allah tidak ada yang mampu mencegah sesuatu yang telah Engkau berikan dan tidak ada yang mampu memberi sesuatu yang Engkau cegah. Tidak bermanfaat kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya untuk (menebus) siksaan-Mu.

Membaca tasbih, tahmid, takbir, tahlil

Tasbih 33 kali

سُبْحَانَ اللهِ

Subhaanallah.

Maha Suci Allah.

Tahmid 33 kali

الْحَمْدُلِلهِ

Alhamdulillah.

Segala puji bagi Allah.

Takbir 33 kali

اللهُ اَكْبَرُ

Allahu akbar.

Allah Maha Besar.

Tahlil 

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Laa illaaha illallahu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syaiin qadiir.

Tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan dan pujian. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

Jadi total empat zikir itu sebanyak 100 kali. Zikir tahlil kedua ini berbeda dengan zikir tahlil yang pertama, tepatnya zikir tahlil kedua tidak perlu menyebut kalimat yuhyii wa yumiitu.

Membaca ayat Kursi

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum. Laa ta'khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fis samaawaati wamaa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih. Ya'lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai im min 'ilmihii illaa bimaa syaa. Wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya uuduhuu hifzhuhumaa wahuwal 'aliyyul 'azhiim.

Bacaan ayat kursi bisa didahului dengan surat Al-Fatihah. Setelah membaca ayat Kursi dapat dilanjutkan membaca surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas.

Membaca doa setelah salat

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Bismillahirrahmaanirrahiim, alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin, hamday yuwaafii ni'amahu wayukaafi u maziidah, ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yambaghii lijalaali wajhika wa'azhiimi sulthaanik.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Dengan puji yang sebanding dengan nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Ya Allah Tuhan kami bagi-Mu segala puji dan segala yang patut atas keluhuran Zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aali sayyidinaa Muhammad.

Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad dan sanak keluarganya.

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaataana washiyaamanaa warukuu'anaa wasujuudanaa waqu'uudanaa watadharru'anaa, watakhasysyu'anaa wata'abbudanaa, watammim taqshiiranaa yaa allah yaa rabbal'aalamiin.

Ya Allah terimalah salat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk kami, kerendahdirian kami, khusyu' kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah yang kami lakukan selama salat ya Allah Tuhan seru sekalian alam.

رَبَّنَا ضَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْ حَمْنَا لَنَكُوْ نَنَّ مِنَ الْخَا سِرِ يْنَ

Rabbana dzhalamnaa anfusanaa wa illam taghfirlana watarhamnaa lanakuunannaa mlnal khaasiriin.

Ya Allah kami telah menganiaya terhadap diri kami sendiri. Karena itu ya Allah jika tidak dengan limpahan ampunan-Mu dan rahmat-Mu niscaya kami akan menjadi orang yang merugi.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا

Rabbanaa laa tu aakhidznaa in nasiinaa au akhtha' naa.

Ya Tuhan kami janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah.

رَبَّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِ يْنَ مِنْ قَبْلِنَا

Rabbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kama hamaltahu 'alal ladziina min qablinaa.

Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban yang berat sebagaimana yang pernah Engkau bebankan kepada orang yang terdahulu dari kami. 

رَبَّنَا وَلاَ تُحَمِّلْنَا مَا لاَ طَا قَتَا لَنَا بِهِ, وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَ نَا فَا نْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَا فِرِيْنَ

Rabbanaa walaa tuhammilnaa maa laa thaa qata lanaa bih, wa'fu'annaa waghfir lanaa warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa 'alal qaumil kaafiriin.

Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan atas diri kami apa yang di luar kesanggupan kami, ampunilah kami dan ampun kami dan rahmati kami, Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْ بَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَ يْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُ نْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wahablanaa mil ladunka rahmatan innaka antal wahhaab.

Ya Allah Tuhan kami, janganlah engkau sesatkan hati kami sesudah mendapat petunjuk, berilah kami karunia. Engkaulah yang maha Pemurah.

رَبَّنَا غْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ أَلْأَ حْيَآءِمِنْهُمْ وَاْلأَ مْوَاتِ, اِنَّكَ عَلَى قُلِّ ثَيْءٍقَدِيْرِ

Rabbanaghfir lanaa waliwaalidinaa walijami'il muslimiin walmuslimaat wal mu'miniina walmu'minat al ahyaa i minhum wal amwaat innaka alaa kuli syai in qadiir.

Ya Allah Ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami dan dosa orangtua kami dan semua orang Islam laki-laki dan perempuan, orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan. Sesungguhnya Engkau zat Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah wafil aakhirati hasanah waqinaa adzaaban naar.

Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.

اللهم اغفر لنا ذنوبناوكفرعنا سيئاتنا وتوفنا مَعَ الْأَ بْرَارِ

Allahummaghfirlanaa dzunuubanaa wakaffir 'annaa sayyi aatinaa watawaffanaa ma'al abraar.

Wahai Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, maafkanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami sebagai golongan orang-orang saleh.

سُبْحَانَ رَبِّكِ رَبِّ الْعِزَةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْ سَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Subhaana rabbika rabbil izzati 'ammaa yashifuun wasalaamun 'alal mursaliin walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin.

Maha suci Engkau Tuhan segala kemuliaan dari segala yang dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.

Demikianlah zikir dan doa setelah salat. Sejatinya masih banyak zikir dan doa seetlah salat yang lain. Karena itu,  dapat dicari lagi zikir dan doa setelah salat dari sumber-sumber yang lain. Wallahu a'lam. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat