visitaaponce.com

Arab Saudi Larang Jemaah Haji Berusia di Atas 65 Tahun

KEMENTERIAN Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan jumlah jemaah haji untuk tahun ini dinaikan 400 ribu orang dari tahun sebelumnya atau menjadi satu juta orang. Angka itu belum pulih seperti quota semula, 2,5 juta jemaah, karena pandemi covid-19 masih mengancam.

Sebanyak satu juta jemaah yang diizinkan berhaji tahun ini, 1443H/2022, berasal dari dua kategori yakni dalam dan luar Arab Saudi. "Sangat penting bagi pemerintah penjaga dua masjid suci (Masjidil Haram dan Nabawi) menjaga keselamatan dan keamanan jamaah haji serta pengunjung Masjid Nabawi sambil memastikan bahwa jumlah maksimum Muslim di seluruh dunia dapat melakukan haji dan mengunjungi Masjid Nabawi dalam suasana yang aman," papar surat resmi kementerian tersebut yang dikutip Sabtu (9/4).

Untuk menjamin hal itu, lanjut pernyataan tersebut, Kerajaan Arab Saudi berupaya mempertahankan keberhasilan yang telah diraihnya dalam menangani pandemi Covid-19. Jumlah jemaah haji yang datang dari negara tertentu untuk haji tahun ini akan sesuai dengan kuota yang dialokasikan untuk masing-masing negara dan dengan mempertimbangkan kepatuhan terhadap semua rekomendasi kesehatan.

"Kementerian Haji dan Umrah telah mengumumkan bahwa haji tahun ini akan dilakukan sesuai dengan aturan berikut: 1. Haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi utama Covid-19 yang disetujui oleh Kementerian Saudi kesehatan."

Jemaah haji yang datang dari luar negeri wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 dari tes yang dilakukan dalam waktu 72 jam sejak keberangkatan ke Kerajaan.

"Kementerian Haji dan Umrah telah menginstruksikan bahwa semua jemaah harus mengikuti protokol kesehatan dan mematuhi semua tindakan pencegahan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama melakukan ritual haji," tutup surat tersebut. (OL-13)

baca juga: Arab Saudi Putuskan Kuota Haji 2022 1 Juta Orang

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat