visitaaponce.com

Arus Balik, Sekitar 150 Ribu Penumpang Tiba di Bandara Soetta Hari Ini

Arus Balik, Sekitar 150 Ribu Penumpang Tiba di Bandara Soetta Hari Ini
Suasana arus balik di Bandara Soekarno-Hatta(Antara/Fauzan)

PERGERAKAN pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, pada arus balik mencatatkan rekor tertinggi sejak pandemi.

Hari ini, Minggu (8/5) atau H+5 yang diprediksi menjadi puncak arus balik, mencatatkan sebanyak 1.130 penerbangan dan 150 ribu penumpang per hari.

“Ini belum pernah terjadi sejak pandemi,” klaim Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya saat meninjau Terminal 2 Bandara Soetta.

Ia menjelaskan, dari total pergerakan pesawat dan penumpang, sekitar 40 persennya melalui Terminal 2 Soetta. Jika dirinci, ada 570 penerbangan dan paling tidak ada sekitar 3.500 orang per jamnya di terminal bandara tersebut.

Untuk mengantisipasi lonjakan ini, Menhub meminta kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor penerbangan, baik operator bandara, maskapai penerbangan, dan pihak terkait mempersiapkan dengan baik.

Baca juga : Jasa Marga: 1,2 Juta Kendaraan Pemudik Belum Kembali ke Jabodetabek

“Saya meminta Ditjen Perhubungan Udara bersama Angkasa Pura II untuk mengawasi langsung kedatangan penumpang pada puncak arus balik sampai dengan malam ini,” kata Menhub.

Budi pun tidak bosan mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan kembali pada hari ini, guna mencegah terjadinya kepadatan dan agar perjalanan lebih nyaman. 

“Masyarakat yang belum pulang, jangan pulang malam ini. Pulanglah besok atau pada saat lebaran ketupat selasa depan. Perjalanan akan lebih nyaman,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto memastikan pelayanan kedatangan penumpang di puncak arus balik ini berjalan dengan baik. 

“Dengan pergerakan 3.500 orang per jam, kira-kira ada 10 ribu tas atau bawaan per jamnya. Ini harus bisa dilayani dengan baik,” tuturnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat