visitaaponce.com

Vaxinia si Virus Pembunuh Kanker, Segera Disuntikkan ke Manusia

Vaxinia si Virus Pembunuh Kanker, Segera Disuntikkan ke Manusia
Ilustrasi(AFP/PATRICK HERTZOG)

VAXINIA, virus cacar yang dimodifikasi secara genetik, sebelumnya telah terbukti efektif melawan berbagai jenis kanker di laboratorium dan model hewan.

Uji klinis yang dilakukan oleh City of Hope, sebuah lembaga penelitian dan pengobatan kanker di Amerika Serikat, bekerja sama dengan Imugene, sebuah perusahaan biotek di Australia, akan menguji virus onkolitik baru pada pasien kanker dengan tumor padat stadium lanjut.

Uji klinis Fase 1 baru-baru ini telah memberikan dosis obat antikanker eksperimental yang disebut CF33-hNIS, atau Vaxinia, kepada peserta pertama studi tersebut.

Studi laboratorium menunjukkan bahwa Vaxinia mungkin lebih efektif daripada generasi sebelumnya dari virus onkolitik - sejenis virus yang dapat menginfeksi dan membunuh sel kanker tanpa merusak jaringan sehat - dalam mengurangi ukuran tumor, membuat terapi ini sangat menjanjikan.

Yuman Fong, ketua Departemen Bedah di City of Hope, mengatakan kepada Medical News Today, “Pentingnya CF33/ Vaxinia adalah bahwa virus ini dirancang untuk menargetkan semua jenis kanker," kata dia.

"Ini adalah salah satu dari generasi baru virus terapeutik yang akan jauh lebih kuat daripada virus sebelumnya, dan berpotensi lebih selektif untuk kanker sementara mampu menyelamatkan jaringan normal,” tambah Fong.

Leslie Chong, CEO Imugene, mengatakan kepada MNT, “Kami ingin merevolusi terapi kanker, dan kami tidak lagi puas dengan peningkatan kelangsungan hidup, kami ingin menyembuhkan pasien. Dengan menjadikan kanker menjadi satu penyakit dan memiliki agen yang ditargetkan untuk melenyapkannya, itulah cawan suci terapi kanker!”
 
Desain uji klinis
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa CF33-hNIS efektif melawan kultur sel dan model hewan dari kanker payudara, kolorektal, pankreas, ovarium, dan paru-paru. Selama uji klinis Fase 1, para peneliti akan menguji keamanan dan tolerabilitas CF33-hNIS pada pasien kanker dengan menyuntikkan virus langsung ke dalam darah atau tumor.

Secara khusus, uji coba akan mencakup berkisar 100% kanker dengan tumor padat metastatik atau lanjut yang sebelumnya telah menerima setidaknya dua perawatan kanker standar.

Setelah berhasil mendemonstrasikan keamanan Vaxinia, para peneliti juga bermaksud menguji pengobatan sel tumor menggunakan kombinasi virus onkolitik ini dan jenis terapi kanker lain yang disebut pembrolizumab, penghambat pos pemeriksaan kekebalan.

“Kami berharap platform CF33/ Vaxinia akan bergerak cepat ke pengujian klinis dalam kombinasi dengan ini dan menjadi imunoterapi kombinasi yang efektif dalam pengobatan kanker manusia,” kata Dr Fong. Para peneliti juga bermaksud untuk menguji kemanjuran terapi ini sebagai hasil sekunder selama percobaan fase 1 ini. (Medcom.id/H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat